Menko Airlangga Buka-bukaan Soal Strategi Menjaga Pertumbuhan Ekonomi dan Mitigasi Tantangan

Rabu, 13 Desember 2023 - 15:29 WIB
loading...
Menko Airlangga Buka-bukaan Soal Strategi Menjaga Pertumbuhan Ekonomi dan Mitigasi Tantangan
Menko Airlangga Hartarto mengungkapkan, beragam strategi yang telah dilakukan dalam upaya menjaga pertumbuhan ekonomi dan mitigasi tantangan perekonomian ke depannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, perekonomian Indonesia tetap mampu mencatatkan pertumbuhan yang baik dan pulih dari pandemi di tengah berbagai kondisi global yang penuh tantangan. Pertumbuhan ini didukung oleh kuatnya konsumsi rumah tangga yang pada kuartal III-2023 bertumbuh 5,06% (yoy) dan investasi naik 5,77% (yoy).

Terdapat juga dua sektor yang berhasil tumbuh dua digit pada Kuartal III-2023 yakni sektor transportasi sebesar 14,7% (yoy) dan sektor terkait pariwisata 10,9% (yoy).

“Tingkat inflasi kita terkendali dengan baik berkat koordinasi kuat antar lembaga terkait. Tiap minggu kita melacak harga komoditas di tiap daerah, termasuk bagaimana mereka menjaga biaya logistik di wilayahnya masing-masing," ujar Menko Airlangga Hartarto pada acara Peluncuran Laporan Prospek Perekonomian Indonesia (Indonesia Economic Prospects/IEP) Edisi Desember 2023, di Jakarta, Rabu (13/12/2023).



"Kita belajar dari masa pandemi covid yang lalu, bagaimana membuat tiap kabupaten/kota berkompetisi menangani pandemi agar menjadi yang terbaik, seperti halnya dalam penanganan inflasi ini,” sambungnya.

Tema “Aksi Iklim untuk Pembangunan” diangkat dalam laporan tersebut serta selaras dengan komitmen Indonesia mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat, inklusif secara sosial, dan ramah lingkungan. Melalui peluncuran laporan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah mendiskusikan berbagai ide dan konsep untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

“Selagi berupaya meningkatkan permintaan domestik, kami menyadari dan mewaspadai tantangan perekonomian global yang dapat menghambat kinerja perekonomian nasional. Sehingga, untuk menjaga prospek pertumbuhan dan memitigasi seluruh tantangan ke depan, kami telah menyiapkan serangkaian strategi,” jelas Menko Airlangga.

Dalam jangka pendek dan menengah, strategi utama Pemerintah yakni meningkatkan konsumsi rumah tangga, mendorong investasi, mempercepat ekspor, yang dilaksanakan melalui koordinasi kuat antara sektor fiskal, moneter, dan riil.

Di antara yang telah dilakukan yakni Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Pusat Daerah (TPID) yang menerapkan bauran kebijakan dan koordinasi yang kuat sehingga berhasil mengendalikan inflasi

“Kami juga telah menindaklanjuti Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2023 tentang Satgas Peningkatan Ekspor Nasional melalui penguatan pasokan ekspor, diversifikasi pasar ekspor, penguatan pembiayaan dan kerja sama internasional, serta pengembangan ekspor UMKM,” ungkap Menko Airlangga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)