21 Menkeu Anggota APEC Bahas Tantangan Ekonomi Global yang Makin Kompleks

Senin, 13 November 2023 - 22:38 WIB
loading...
21 Menkeu Anggota APEC Bahas Tantangan Ekonomi Global yang Makin Kompleks
Dalam Finance Ministers Meeting APEC, Menkeu Sri Mulyani Indrawati menerangkan, dibahas utamanya terkait tantangan perekonomian global yang semakin kompleks. Foto/Dok
A A A
SAN FRANSISCO - Rangkaian agenda APEC di Amerika Serikat (AS) sudah dimulai, dimana 21 Menteri Keuangan negara anggota APEC memulai Finance Ministers Meeting. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan atau Menkeu Sri Mulyani Indrawati menerangkan, dibahas utamanya terkait tantangan perekonomian global yang semakin kompleks.



Salah satunya adalah kondisi “higher for longer” yang semakin merosotkan posisi fiskal beberapa negara. Menkeu Sri Mulyani melalui akun Instagram resminya @smindrawati berbagai seputar kegiatannya di San Fransisco dan apa saja yang dibahas dalam Finance Ministers Meeting,

"Lalu, saya sampaikan juga keluarnya kebijakan-kebijakan terkait isu perubahan iklim dapat memicu crowding out secara global. Kebutuhan pembiayaan yang masif ini berpotensi memberikan tekanan yang besar pada pasar dan berujung pada meningkatnya suku bunga, dan berujung pada meningkatnya tekanan terkait pembiayaan pada negara-negara berkembang, dimana Indonesia termasuk di dalamnya," jelas Sri.



Menghadapi segala dinamika global ini, dia menyampaikan bahwa menyambut kebijakan fiskal yang matang dan bijaksana menjadi begitu penting kini. Selain itu, saat-saat penuh tantangan seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan beragam reformasi struktural.

"Indonesia sendiri pada 2021 mengesahkan dua undang-undang penting; (i) reformasi perpajakan dan (ii) hubungan keuangan pusat dan daerah," ucap Sri Mulyani.

APBN #UangKita, sebut Sri, juga menjadi katalisator upaya-upaya mempercepat transformasi perekonomian. Menaruh fokus investasi pada infrastruktur dan sumber daya manusia menjadi contohnya. Ini merupakan contoh upaya menyelesaikan beragam isu-isu pembangunan.

"Diskusi pagi ini pun berlangsung hangat di tengah udara San Fransisco yang cukup dingin. Semoga melalui diskusi ini dan beragam rangkaian agenda APEC kedepan, kita semua dapat menemukan solusi bersama dalam menghadapi beragam tantangan dunia..!" pungkas Sri.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)