Penuhi Segala Kebutuhan, Jessica Rasakan Kebermanfaatan Aplikasi Mobile JKN

Kamis, 14 Desember 2023 - 22:04 WIB
loading...
Penuhi Segala Kebutuhan, Jessica Rasakan Kebermanfaatan Aplikasi Mobile JKN
Foto: dok. BPJSTK
A A A
JAKARTA - BPJS Kesehatan menghadirkan Aplikasi Mobile JKN, sebuah tools yang memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan administrasi dan informasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Melalui akses yang bisa digunakan di smartphone tanpa terikat waktu, membuat peserta JKN bisa langsung mengakses tanpa harus berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan.

Seiring dengan perkembangan teknologi di era digital, hampir semua masyarakat Indonesia menggunakan dan mengandalkan smarthphone. Bahkan, fasilitas kesehatan pun turut memanfaatkan teknologi digital sebagai alat untuk kelancaran pelayanan kesehatan lewat aplikasi yang telah mereka terapkan agar dapat membantu masyarakat.

Saat ditemui di sela-sela kesibukannya, Jesica Mandey (20) menerangkan bahwa aplikasi Mobile JKN memiliki segudang manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh peserta. Mahasiswi di salah satu universitas di Manado ini merasakan fitur dari aplikasi Mobile JKN sangat memudahkan dirinya dalam memenuhi kebutuhannya.

“Sejak pakai Aplikasi Mobile JKN ini, saya tidak perlu repot lagi untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan. Semua sudah bisa dilayani hanya dengan memakai Aplikasi Mobile JKN. Banyak keuntungan yang telah saya dapat dari pemakaian Aplikasi Mobile JKN ini apalagi sudah ada kartu digital JKN," kata Jesica.

Menurutnya, Aplikasi Mobile JKN sangat membantu dalam mengurus kebutuhan administrasi kepesertaan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan. Selain itu juga mempermudah dalam melihat status kepesertaan peserta dan bisa langsung mendaftar serta mendapat antrean online di fasilitas kesehatan.

"Misal jika kita ingin berobat ke suatu layanan kesehatan atau fasilitas kesehatan yang terdaftar, maka kita bisa mendapatkan antrean secara online dengan mudah tanpa basa basi. Selain itu juga sangat membantu bagian layanan fasilitas kesehatan untuk mengurangi banyaknya peserta yang mengantri yang dapat mengurangi efektivitas pelayanan. Melihat resiko yang terjadi jika ada pasien yang sakit dan menunggu antrean yang sangat panjang itu dapat meningkatkan kejadian yang mungkin dapat meningkatkan resiko kepada pasien tersebut," jelas Jesica.

Tidak hanya untuk mendaftar dan melihat status kepesertaan serta manfaat lainnya, Jesica mengatakan Aplikasi Mobile JKN juga mempermudah dalam melakukan pengecekan pembayaran iura kepesertaan JKN. Menurutnya, fitur yang terdapat dalam Aplikasi Mobile JKN sangat mudah digunakan, praktis dan juga aman.

"Selain berbagai fitur yang sudah saya sebutkan sebelumnya, di menu Aplikasi Mobile JKN juga ada fitur untuk mengetahui info lokasi fasilitas layanan kesehatan, info virtual account, penambahan peserta/info peserta, pengaduan layanan JKN, juga informasi mengenai pendaftaran pelayanan kesehatan seperti konsultasi dokter, jadwal tindakan operasi, info riwayat pelayanan, skrining riwayat kesehatan, dan informasi ketersediaan tempat tidur,” terang Jesica.

Sementara itu, ada begitu banyak fitur dan manfaat yang tersedia dari Aplikasi Mobile JKN yang telah dirasakan oleh Jesica. namun, dirinya juga menyoroti bagaimana sosialiasi terkait Aplikasi Mobile JKN membuat sebagian masyarakat tidak mengetahui informasi mengenai aplikasi ini.

"Seperti yang saya lihat di lingkungan masyarakat sekitar rumah saya, sebagian besar dari mereka belum tahu sama sekali mengenai Aplikasi Mobile JKN sehingga masih datang ke kantor BPJS dan mengantre untuk mendapat pelayanan. Hal ini membuat mereka membuang banyak waktu untuk mengantre, padahal dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN mereka bisa dengan mudah untuk mencari informasi. Namun, setelah mengetahui penggunaan Aplikasi Mobile JKN saya langsung menganjurkan masyarakat sekitar untuk menggunakannya,” tutup Jesica.
(irh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)