Harga Avtur Turun, Gimana Nasib Tarif Tiket Pesawat?

Kamis, 14 Desember 2023 - 22:39 WIB
loading...
Harga Avtur Turun, Gimana Nasib Tarif Tiket Pesawat?
Harga avtur kembali mengalami penurunan pada pekan kedua Desember 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mencatat harga bahan bakar pesawat atau avtur kembali mengalami penurunan pada pekan kedua Desember 2023. Bahkan, penurunannya sudah terjadi sejak November tahun ini.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebut, penyesuaian harga avtur terjadi setiap dua minggu sekali. Artinya dalam dua pekan terjadi perubahan harga, tergantung pada harga minyak mentah dunia.

"Untuk avtur tiap dua minggu ada perubahan, artinya kita sesuaikan dengan kondisi dari harga dunia, jadi ini saya baru liat nih di Desember kemarin udah turun lagi di November," ucap Irto saat ditemui di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2023).



Lantas, dengan penyesuaian harga bahan bakar itu akan berdampak pada penurunan harga tiket pesawat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024?

Irto mengatakan perubahan harga avtur akan berdampak pada harga tiket pesawat. Kendati begitu, penyesuaian harga tiket pesawat tetap mengacu pada batas atas dan batas bawah yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Memang nanti ada penyesuaian mengacu pada aturan yang berlaku, sudah ada aturannya batas atas seperti apa, itu yang menjadi acuan," paparnya.



Menurutnya, 25-30 persen harga tiket pesawat dipengaruhi oleh harga bahan bakar. Namun, penurunan atau kenaikan harga tiket juga tergantung pada komponen lain yang persentasenya di angka 70 persen.

"Mengenai tadi pengaruh terhadap harga tiket, avtur ada di kisaran 25-30 persen , mungkin dari Pelita bisa dijelaskan bahwa sebenarnya 70 persen lain ada faktor-faktor lain," ungkap Irto.

"Jadi sebenarnya harusnya udah bisa diatur dengan 25-30 persen biaya adalah avtur, sementara sudah ada ketentuan sendiri untuk penyusunan harga, ini berlaku dimana saja, bukan hanya Indonesia," imbuh dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)