20 Negara dengan Perekonomian Paling Kompetitif, Denmark Paling Atas

Jum'at, 15 Desember 2023 - 11:59 WIB
loading...
20 Negara dengan Perekonomian Paling Kompetitif, Denmark Paling Atas
Denmark berhasil menjadi negara dengan perekonomian paling kompetitif di dunia berdasarkan IMD World Competitiveness Ranking 2023. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah negara dengan perekonomian kompetitif. Hal ini berdasarkan data Institute for Management Development (IMD) World Competitiveness Ranking 2023.

Dengan melihat tingkat kompetitif ekonomi suatu negara, tentu dapat memberikan informasi tentang perkembangan dan kemajuan suatu negara dibanding negara lain.

Menurut laman Visual Capitalist, terdapat empat faktor yang menjadi dasar penilaian negara perekonomian kompetitif, yakni kinerja ekonomi suatu negara, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis, dan infrastruktur.

Untuk tahun 2023 ini, Denmark berhasil menjadi negara yang punya perekonomian paling kompetitif di dunia. Disusul oleh Irlandia di posisi dua, dan Swiss di peringkat tiga.

20 Negara dengan Perekonomian Paling Kompetitif


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini daftar 20 negara perekonomian kompetitif berdasarkan pemeringkatan IMD.

1. Denmark


Denmark berhasil mempertahankan predikatnya sebagai negara dengan perekonomian paling kompetitif tahun ini. Pada tahun 2022 lalu, negara ini berhasil mencapai puncak setelah pada tahun 2021 berada di posisi tiga.

2. Irlandia


Irlandia yang pada tahun 2022 lalu berada di urutan 11, berhasil melejit hingga posisi dua. Negara ini punya pencapaian yang besar di tahun 2023.


3. Swiss


Swiss yang tahun lalu berada di posisi kedua harus turun jadi ketiga di tahun ini.

4. Singapura


Negara Asia Tenggara yang pernah jadi negara perekonomian paling kompetitif di tahun 2019 dan 2020 ini harus turun ke posisi keempat.

5. Belanda


Pada tahun 2022, Negeri Kincir sempat menempati urutan enam. Kini Belanda naik satu peringkat di urutan lima.

6. Taiwan


Taiwan juga mengalami kenaikan peringkat dari tahun 2022 yang hanya berada di posisi tujuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)