Harga Beras Mahal, Bulog Gelar Operasi Pasar Murah

Senin, 29 Januari 2018 - 23:06 WIB
Harga Beras Mahal, Bulog Gelar Operasi Pasar Murah
Harga Beras Mahal, Bulog Gelar Operasi Pasar Murah
A A A
BUKITTINGGI - Kenaikan harga beras di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat, membuat pemerintah daerah turun tangan dengan menggelar operasi pasar beras murah. Yaitu beras jenis medium yang dijual seharga Rp9.850 per kilogram.

Selama operasi pasar ini berlangsung, pemerintah daerah, satgas pangan, dan kepolisian melakukan pemantauan ketat, agar tidak ada para pengecer yang menjual beras melebihi harga yang telah ditetapkan.

Naiknya harga kebutuhan beras di sejumlah pasar tradisional di kota Bukittinggi, membuat Kementerian Perdagangan melalui Bulog Sub Divisi Regional Bukittinggi bersama pemerintah daerah setempat menggelar operasi pasar.

Operasi pasar dipusatkan di kawasan Pasar Bawah Bukittinggi. Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Perdagangan, Fernayeti, menyebutkan dengan harga jual Bulog ini, maka setiap pengencer hanya diperbolehkan menjual beras dengan harga Rp9.950 per kilogram.

Menurut Fernayeti, tingginya permintaan selama Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mengakibatkan harga beras naik di pasar. “Pemantauan kami di lapangan bahwa harga beras naik, ini seperti siklus karena akhir tahun, Natalan dan hari besar. Jadi operasi pasar untuk beras medium di dua titik, Padang dan Bukittinggi. Untuk harga eceran tertingginya Rp9.950 per kg, jadi harga beras ini di pasaran tidak boleh lebih dari Rp9.850. Rp100 di bawah HET yang ditetapkan pemerintah,” ujarnya Senin (29/1/2018).

Selain di Bukittinggi, operasi pasar juga digelar di Kota Padang untuk menjaga stabilitas harga beras, sehingga dapat membantu masyarakat mendapatkan beras dengan harga murah. Operasi pasar ini akan digelar hingga Maret 2018, di mana bulan Maret mendatang merupakan masa panen raya. Karena para petani sudah banyak yang panen sehingga harga beras diperkirakan kembali normal.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5347 seconds (0.1#10.140)