Unik, Perusahaan Migas Ini Bangun Museum Tiga Dimensi

Senin, 05 Februari 2018 - 10:02 WIB
Unik, Perusahaan Migas Ini Bangun Museum Tiga Dimensi
Unik, Perusahaan Migas Ini Bangun Museum Tiga Dimensi
A A A
JAKARTA - Kegiatan perusahaan migas umumnya berkutat pada hal-hal yang berkaitan dengan survei, produksi, atau pengolahan minyak dan gas. Namun, PT Pertamina EP, melakukan hal berbeda melalui pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaannya (corporate social responsibility/CSR).

Anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut membangun museum migas dengan konsep yang berbeda dengan museum konvensional lainnya. Pertamina EP membangun museum migas tiga dimensi (3D) di atas lahan 4.000 meter persegi yang berlokasi di Komplek Pertamina EP Asset II, unit bisnis Pertamina EP, di Prabumulih, Sumatera Selatan. Museum tersebut akan menjadi museum migas 3D satu-satunya di Indonesia.

“Saat ini pengerjaannya mencapai 80%. Insya Allah museum migas 3D Pertamina EP ini diresmikan Maret 2018 dan terbuka untuk umum,” ujar Manajer Humas PT Pertamina EP Muhammad Baron, di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Tak hanya unik, museum migas 3D yang dibangun Pertamina EP ini mengawinkan aspek CSR di bidang pendidikan dan kegiatan produktif dengan menjadikan museum tersebut sebagai destinasi wisata hiburan di Kota Prabumulih. Dengan begitu, museum tersebut diharapkan menjadi pusat pendidikan (education centre) bagi masyarakat luas terkait sejarah dan kegiatan hulu migas dan juga wisata unggulan bagi daerah.

"Kami ingin menciptakan lokasi wisata, tidak hanya untuk rekreasi tetapi juga media pengetahuan agar masyarakat umum mengetahui apa yang kami kerjakan demi memenuhi kebutuhan energi nasional," ujar Baron.

General Manager Pertamina EP Asset II Ekariza menambahkan, museum migas 3D di Pertamina EP Asset 2 berisi diorama pengeboran migas dan lukisan tiga dimensi bertema migas. Museum ini dilengkapi learning center, kafe dan fasilitas outbond. "Ini adalah museum migas 3D satu-satunya di Indonesia dan Sumatera Selatan," katanya.

Menurut Ekariza, ide tersebut sudah lama dipikirkan perusahaan, namun baru terlaksana saat ini. Proses pengerjaan museum migas 3D ini menurutnya hampir tuntas dan nantinya akan menjadi destinasi wisata hiburan di Kota Prabumulih.

Walikota Prabumulih Ridho Yaya menyambut positif kehadiran museum migas 3D tersebut. Dia berharap museum ini dapat dimanfaatkan bagi generasi muda kota tersebut. Apalagi, pemerintah pusat telah menetapkan Kota Prabumulih sebagai kota percontohan gas nasional.

"Sekarang Kota Prabumulih satu-satunya mempunyai museum migas 3D di Indonesia. Ini sungguh luar biasa apa yang dilakukan Pertamina. Nantinya bisa jadi destinasi wisata bagi masyarakat Prabumulih dan Sumsel, bahkan untuk masyarakat Indonesia," tuturnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4912 seconds (0.1#10.140)