Whoosh Dua Bulan Beroperasi, Ini Deretan Klaim KCIC

Senin, 18 Desember 2023 - 19:04 WIB
loading...
Whoosh Dua Bulan Beroperasi, Ini Deretan Klaim KCIC
Kereta cepat sudah dua bulan beroperasi secara komersial. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC ) melaporkan bahwa pihaknya telah mengangkut sebanyak 881 ribu penumpang sejak resmi beroperasi secara komersial pada 17 Oktober hingga 17 Desember 2023. Setelah dua bulan beroperasi, sudah sebanyak 1.869 perjalanan kereta cepat Whoosh .



GM Corporate Seceretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan dari seribuan perjalanan kereta cepat Whoosh ini, tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,9% dengan rata-rata kelambatan pemberangkatan dari stasiun awal hanya 0,1 detik saja. Sementara untuk kedatangan, ketepatan waktunya juga cukup baik dengan mencapai 95% dari keseluruhan perjalanan.

"Kereta cepat Whoosh tidak hanya mempersingkat waktu perjalanan tapi juga memiliki ketepatan waktu perjalanan yang sangat baik," katanya, Senin (18/12/2023).

Eva menyebutkan, ketepatan waktu pemberangkatan menjadi salah satu faktor penting khususnya di tengah volume penumpang Whoosh yang terus meningkat. Dua bulan beroperasi komersial sejak 17 Oktober 2023 hingga 17 Desember 2023 kereta cepat Whoosh telah mengangkut sebanyak 881 ribu penumpang.

Ia mengatakan rekor jumlah penumpang terbanyak terjadi pada 19 November 2023 dengan total 21.537 penumpang per hari.

Eva menegaskan, KCIC akan terus mengevaluasi berbagai hal yang terkait operasional, keselamatan, dan keamanan kereta cepat Whoosh untuk menghadirkan layanan yang terus dapat diandalkan.

"Dengan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan tersebut memungkinkan penumpang merencanakan perjalanan mereka dengan percaya diri dan tepat," katanya.

Eva menjelaskan beberapa faktor yang menjadikan Whoosh dapat mencapai ketepatan waktu 99% adalah penggunaan teknologi kereta cepat paling canggih dan infrastruktur yang memiliki standar yang tinggi.



Hal tersebut meminimalkan risiko masalah teknis yang dapat menyebabkan penundaan. Adapun SDM profesional yang mengatur pola operasi kereta cepat memungkinkan penjadwalan, pengaturan, dan monitoring perjalanan KA yang efisien untuk meminimalisasi gangguan.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2484 seconds (0.1#10.140)