Groundbreaking Nusantara Superblock, Jokowi: Bakal Jadi Daya Tarik di IKN

Rabu, 20 Desember 2023 - 15:16 WIB
loading...
Groundbreaking Nusantara Superblock, Jokowi: Bakal Jadi Daya Tarik di IKN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking Nusantara Superblock di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun dengan dukungan investor dari Kalimantan Timur khususnya Balikpapan. Foto/Dok
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) melakukan groundbreaking Nusantara Superblock di kawasan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) pada hari ini Rabu 20 Desember 2023. Nusantara Superblock, kata Jokowi, dibangun dengan dukungan investor dari Kalimantan Timur khususnya Balikpapan.

"Superblok Nusantara ini betul-betul akan menjadi sebuah daya tarik di IKN. Dan menjadikan ibukota IKN sebagai ibukota negara berkelas dunia yang berbeda dengan ibukota-ibukota negara-negara lain," kata Jokowi dalam sambutannya.



Dukungan investor lokal terhadap Nusantara Superblock terhadap membuat dirinya senang para investor tersebut ikut berperan terhadap pembangunan IKN.

"Dan investasinya gede 3 triliun yang akan dibangun juga bukan barang yang kecil. Lahannya 7,5 hektar kemudian pusat perbelanjaan 40.000 meter persegi, hotel bintang 5 dengan 215 kamar, hotel bintang empatnya 200 kamar. Kemudian masih ditambah apartemen 8 tower serta office building 2 tower. Dan juga sekolah internasional dan tempat hiburan," kata Jokowi.

Presiden Jokowi pun berharap desain Nusantara Superblock tidak kalah dengan desain dari investor di Jakarta. Meski begitu, dirinya menekankan agar desainnya harus bertemakan kawasan hijau.

"Saya titip saja satu untuk desain green building, karena yang ingin kita bangun kawasan di seluruh ibukota Nusantara ini adalah kawasan hijau lingkungan hijau. Jadi konsepnya berbeda dengan kota-kota yang ada di seluruh dunia. Ini nanti bisa disampaikan kepala otoritas desainnya biar nanti dibimbing di kurasi oleh Pak Ridwan Kamil biar konsepnya semuanya kawasan hijau lingkungan hijau dan green building," jelasnya.

Kepala Negara juga berharap bahwa Nusantara Superblock dapat berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Kalimantan. "Dan ini kita harapkan dapat berkontribusi pada pertemuan ekonomi di provinsi Kalimantan Timur khususnya di Balikpapan dan bisa membuka kesempatan kerja lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat kita," ungkapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)