Serangan Berlanjut di Laut Merah, Biaya Asuransi Kapal Melonjak

Kamis, 21 Desember 2023 - 15:05 WIB
loading...
Serangan Berlanjut di Laut Merah, Biaya Asuransi Kapal Melonjak
Pesawat militer Houthi terbang di atas sebuah kapal di Laut Merah. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Biaya asuransi kapal yang akan melintasi Laut Merah melonjak pekan ini setelah meningkatnya serangan di wilayah tersebut. Kondisi itu memaksa sejumlah kapal menghindari jalur vital dengan menggarisbawahi perlunya mengamankan area yang sangat penting bagi perdagangan global.

Nilai pertanggungan kapal melonjak menjadi sekitar 0,5% dari nilai lambung kapal. Ini merupakan peningkatan tajam dari awal bulan ketika biaya meningkat sekitar 0,1% hingga 0,2% dari nilai lambung kapal.

AS dan sekutu-sekutunya membentuk sebuah gugus tugas baru untuk menangani Houthi yang didukung Iran yang telah meningkatkan serangan terhadap armada dagang yang menimbulkan risiko baru bagi ekonomi global. Mereka juga mempertimbangkan kemungkinan serangan militer, tetapi diplomasi tetap menjadi pendekatan yang lebih disukai untuk saat ini.



Asuransi risiko perang umumnya sebagai persentase dari nilai kapal selama periode kapal melakukan perdagangan di daerah berisiko. Angka tersebut telah naik lebih dari sepuluh kali lipat dari sebelum serangan meningkat secara serius.
Pada Senin lalu perusahaan asuransi London memperluas wilayah di Laut Merah yang ditetapkan sebagai wilayah berisiko sebuah langkah yang secara efektif meningkatkan area di mana perlindungan perang diperlukan.

A.P. Moller-Maersk A/S dan sebagian besar perusahaan pelayaran peti kemas terkemuka lainnya telah menyatakan bahwa mereka akan menghentikan sementara pengiriman melalui area tersebut. Harga minyak naik pada hari Senin ketika raksasa minyak dan gas BP Plc dan Equinor ASA mengatakan bahwa mereka akan mengambil pendekatan serupa. Banyak yang memilih untuk berlayar ribuan mil di sekitar Afrika.

"Kedua opsi kenaikan premi dan pengalihan rute di sekitar Afrika akan berdampak pada harga barang," kata Toby Vallance, Anggota Komite Eksekutif Forum Pengacara Asuransi London dikutip Insurance Journal dari Bloomberg, Kamis (21/12/2023).



Untuk kapal seharga USD100 juta dikenakan biaya 0,5% yang artinya biaya asuransi sebesar USD500.000 per pelayaran. Hal ini berlaku untuk kapal-kapal dagang yang memasuki rute Laut Merah Selatan atau Teluk Aden.

Gangguan lalu lintas laut yang disebabkan oleh serangan Houthi, yang dipicu oleh perang Israel-Hamas yang sedang berlangsung, berarti bahwa kedua arteri utama perdagangan global dunia Panama dan Terusan Suez mengganggu pengiriman barang di seluruh dunia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)