Musim Kemarau Tak Buat Semangat Petani Kacang Tanah Jadi Kering

Kamis, 21 Desember 2023 - 12:58 WIB
loading...
A A A
"Selain menyerap langsung hasil panen kacang, Garudafood juga melakukan pembinaan kepada para petani agar produktivitas dan kualitas hasil panen mereka tinggi. Tentunya hal ini kami lakukan agar hasil panen kacang tanah mereka memiliki kualitas yang baik dan sesuai standard Garudafood. Sehingga sebagian besar panen mereka dapat kami serap dan otomatis pendapatan mereka akan naik,” ujar Direktur Utama PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood), Hardianto Atmadja.

Bentuk dukungan lainnya yang selama ini diberikan Garudafood yaitu dengan adanya harga pengaman. Harga pengaman merupakan harga yang diamankan Garudafood apabila terjadi penurunan harga saat penjualan hasil panen. Dengan sistem ini, Garudafood mampu memberikan nilai tambah kepada para petani.

Selain mendapatkan kepastian harga, mitra petani juga memperoleh pendampingan technical assistance. Pendampingan ini diberikan dengan tujuan agar petani dapat melakukan budi daya dengan benar dan mampu memperoleh hasil panen dengan produktivitas dan kualitas yang optimal.

Hal ini pun juga diakui oleh salah satu mitra petani Garudafood asal Pati Jawa Tengah yaitu Abdul Mujib (44 tahun) mengakui bahwa hasil taninya bertambah sekitar 30% pada 2022. Ia telah bergabung dengan program Garudafood sejak 2019 hingga sekarang.

Atas keberhasilannya tersebut, Abdul Mujib merasa sangat berterima kasih kepada Garudafood karena ia merasakan langsung manfaat peningkatan hasil panen yang berkualitas dan dijamin pasarnya. “Saya bangga sebagai mitra pemasok bahan baku kacang tanah Garudafood,” ungkapnya mengakhiri perbincangan.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2075 seconds (0.1#10.140)