Menyita Aset Rusia Akan Jadi Bencana buat Dolar AS, Peraih Nobel Ekonomi Memperingatkan

Rabu, 27 Desember 2023 - 20:13 WIB
loading...
A A A
Shiller dikenal karena penelitiannya di pasar keuangan, inovasi keuangan, ekonomi perilaku, ekonomi makro, dan real estat. Pada tahun 2011, ia dinobatkan sebagai salah satu dari '50 Orang Paling Berpengaruh' di bidang Keuangan Global, dan pada tahun 2013, ia menerima Hadiah Nobel di bidang Ekonomi untuk analisis empirisnya tentang harga aset pada tahun 2013.

Uni Eropa, AS, dan sekutu mereka telah membekukan sekitar USD300 miliar aset cadangan devisa Rusia sejak tahun lalu sebagai bagian dari kampanye sanksi atas konflik Ukraina. Negara- negara Barat telah mempertimbangkan cara-cara untuk menggunakan dana tersebut untuk membantu Ukraina selama lebih dari setahun.

Meskipun sejauh ini tidak ada rencana khusus yang diselesaikan, laporan media pekan lalu mengindikasikan AS baru-baru ini meningkatkan diskusi tentang masalah ini dengan sekutu-sekutunya. Washington dilaporkan ingin "melegalkan" penyitaan aset Rusia dengan mengakui negara-negara Barat sebagai pihak yang dirugikan dalam konflik Ukraina.

Rusia menganggap pembekuan awal asetnya dan rencana untuk menyitanya sebagai tindakan melanggar hukum. Berbicara kepada wartawan pekan lalu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan, bahwa setiap negara yang mempertimbangkan langkah itu harus memahami bahwa mereka akan menghadapi tanggapan langsung dari Moskow.
(akr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)