Atur Keuangan di Awal Tahun, Aman Sampai Akhir Tahun

Rabu, 03 Januari 2024 - 15:35 WIB
loading...
Atur Keuangan di Awal Tahun, Aman Sampai Akhir Tahun
Pengelolaan keuangan di awal tahun perlu agar keuangan tetap aman hingga akhir tahun. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Mengatur keuangan di awal tahun adalah salah satu langkah untuk mengelola keuangan ke depan. Mengelola keuangan pada awal tahun tidak dapat diabaikan karena menjadi fondasi keuangan di bulan berikutnya.

Dalam mengelola keuangan kita harus mengetahui anggaran tetap yang akan dikeluarkan dalam enam sampai dua belas bulan kedepan. Membuat rencana yang matang di awal tahun dapat mengurangi pengeluaran tak terduga di waktu tertentu.



Membuat anggaran dapat dilakukan dengan cara mencatat pemasukan tetap dan pengeluaran yang wajib dibayarkan setiap bulan. Selain itu mencatat pengeluaran untuk belanja keinginan juga perlu dibatasi, sehingga tidak over budget dalam waktu kedepan. Setelah membuat anggaran kewajiban dan belanja keinginan, kita juga harus menghitung anggaran yang diperlukan untuk tabungan dan investasi. Memiliki tabungan dan investasi merupakan tujuan keuangan untuk masa depan yang perlu disiapkan sejak dini.

Dalam mengatur keuangan juga diperlukan adanya revisi dan evaluasi secara berkala karena kondisi keuangan sifatnya dinamis. Jumlah pengeluaran perlu disesuaikan dengan pemasukan agar seimbang. Disiplin dan komitmen dalam mengeluarkan uang serta membiasakan menabung serta investasi merupakan kunci kestabilan ekonomi untuk kedepannya. Adanya anggaran yang jelas akan memudahkan kita mengetahui pengeluaran prioritas dan mencegah dari utang tak terduga.



Nah teman cuan bisa mulai investasi di instrumen reksa dana karena memiliki imbal hasil yang kompetitif dan minim risiko. MNC Asset Management selaku manajer investasi menyediakan produk reksa dana pasar uang yaitu MNC Dana Lancar dengan indikasi return 4,67% 1 tahun net dan MNC Dana Syariah Barokah dengan indikasi imbal hasil 4,18% 1 tahun net. Nasabah bisa membeli reksa dana pasar uang tersebut melalui website motionfunds.id , direct sales, maupun APERD (Agen Penjual Reksa Dana) seperti MotionTrade, IPOT, Ajaib, Bareksa, NAVI by Mirae, POEMS, SMARD.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)