Bareng Jokowi, Pos Indonesia Salurkan Bantuan Pangan CBP di Banyumas dan Tegal

Kamis, 04 Januari 2024 - 08:40 WIB
loading...
Bareng Jokowi, Pos Indonesia Salurkan Bantuan Pangan CBP di Banyumas dan Tegal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menghadiri penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) kembali menghadiri launching penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP). Setelah kemarin di Cilacap, hari ini Jokowi hadir di Banyumas. Tepatnya di gudang Bulog Klahang dan Banpang, pada Rabu, 3 Januari 2024.

Turut Hadir dalam acara launching ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Bisnis Kurir dan Logistic Tonggo Marbun.

Di kunjungan kali ini Presiden Joko Widodo memastikan Bantuan El Nino sudah di terima oleh KPM. Presiden menekankan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino merupakan bantuan khusus bagi penerima manfaat yang terdampak kekeringan.

“Ini yang hadir di sini dulu September, Oktober, November, sudah mendapatkan bantuan, ada? Ini kelihatannya tambahan. Yang bulan Januari sudah dapat semuanya? Sudah terima semuanya. Nanti Februari, Maret dapat lagi. Nanti kalau APBN memungkinkan, April, Juni bisa kita teruskan lagi,” ucap Jokowi.



BP-CBP ini disebutkan oleh KepalaBadan Pangan NasionalArief Prasetyo Adi, menyasar 22,4 juta penerima. PT Pos Indonesia (Persero) untuk tahun ini mendapatkan alokasi untuk mendistribusikan bantuan Cadangan Beras Pemerintah di 20 Provinsi kepada 13.415.219 penerima bantuan pangan (PBP) per bulan.

“Datanya kami dapat dari Kemenko PMK, yaitu Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem. Data ini sudah diverifikasi oleh Kementerian Keuangan, BPKP, dan KPK sehingga data ini tentunya kita anggap paling akurat hari ini,” kata Arief.

Jika ternyata masih ada warga yang hidup di bawah garis kemiskinan namun namanya belum terdata sebagai Penerima Bantuan Pangan (PBP), Arief menyarankan untuk mengajukan kepada aparat RT/RW setempat.

“Apabila ada saudara kita yang di bawah garis kemiskinan dan belum masuk data ini, bisa mengajukan melalui RT/RW. Nanti akan diverifikasi, sehingga bulan berikutnya bisa kita mutakhirkan datanya,” ucapnya.

Mengenai stok beras Bulog yang angkanya naik turun, Arief mengatakan hal itu karena beras disalurkan melalui berbagai program bantuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)