Saat Luhut Mengenang Rizal Ramli: Kerap Berdebat Kencang, Tapi Kami Sahabat

Kamis, 04 Januari 2024 - 14:15 WIB
loading...
Saat Luhut Mengenang Rizal Ramli: Kerap Berdebat Kencang, Tapi Kami Sahabat
Menko Luhut Binsar Pandjaitan mengenang sosok ekonom senior, Rizal Ramli, dimana kedua sahabat karib ini memiliki karakter yang sama-sama terbuka. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Meninggalnya ekonom senior, Rizal Ramli meninggalkan duka cita bagi banyak orang, tidak terkecuali Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan .



Kepergian eks Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (Ekuin) dalam Kabinet Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu membuat Luhut terpukul. Dia mengaku sedih saat mendapat kabar duka atas meninggalnya Rizal pada Selasa malam kemarin (2/1/2024).

“Ketika mendapat kabar duka tentang wafatnya beliau, saya begitu sedih dan memutuskan untuk langsung menuju kediaman Rizal selepas mendarat di Jakarta,” tulis Luhut melalui akun Instagramnya, Kamis (4/1/2024).



Sesampai di rumah duka, kesedihan Luhut kian memuncak ketika bertemu dengan anak-anak atau keluarga besar almarhum. “Kesedihan saya semakin tak terbendung mengingat hubungan baik yang selama ini kami jalin," paparnya.

Luhut pun mengenang masa-masa perkenalan hingga bersahabat dengan Rizal Ramli. Menko Marves mengaku telah mengenal Rizal sudah sejak lama. Perkenalan keduanya, setelah almarhum menyelesaikan pendidikan Doktor di Boston University, Amerika Serikat (AS) beberapa tahun silam.

Namun, perkenalan insentif terjadi manakala keduanya menjadi anggota Kabinet Persatuan Nasional dalam pemerintahan Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid.

Saat itu, Gus Dur menunjuk Rizal sebagai Menko Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri. Sementara Luhut menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan.

Nasib kemudian mempertemukan mereka kembali pada 2015. Saat itu, Rizal mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menko Kemaritiman dan Sumber Daya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4093 seconds (0.1#10.140)