Urutan 5 Anggota Baru BRICS dengan Ekonomi Terkuat Berdasarkan PDB Per Kapita

Jum'at, 05 Januari 2024 - 15:30 WIB
loading...
Urutan 5 Anggota Baru BRICS dengan Ekonomi Terkuat Berdasarkan PDB Per Kapita
Keanggotaan BRICS tahun ini bertambah 5 negara dengan kekuatan ekonomi yang bervariasi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - BRICS yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan telah mengumumkan perluasan dengan mengundang sejumlah negara untuk menjadi anggota baru pada Agustus 2023 lalu. Saat itu, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa mengumumkan jika BRICS akan menyambut enam anggota baru yang terdiri dari Argentina, Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA).

Namun, pada akhir tahun 2023, Argentina secara resmi menolak keanggotaan BRICS. Presiden baru Argentina, Javier Milei telah mengirim surat kepada para pemimpin BRICS untuk meresmikan keputusannya menolak undangan bergabung dengan kelompok tersebut.



Dengan keputusan itu, kini hanya ada lima negara yang menjadi anggota baru BRICS. Masing-masing negara memiliki kekuatan ekonominya tersendiri jika dilihat dari PDB per kapita. Melalui indikator ini dapat dilihat pula tingkat kemakmuran penduduk di negara-negara tersebut.

Urutan 6 Anggota Baru Negara BRICS dengan Ekonomi Terkuat

Berikut urutan negara anggota baru BRICS berdasar kekuatan ekonominya, berdasar PDB per kapita dari yang terkuat hingga terlemah:

1. Uni Emirat Arab

Dilansir dari data The World Bank, UEA pada akhir tahun 2022 lalu memiliki angka PDB per kapita sebesar USD53.708 atau sekitar Rp833 juta.

2. Arab Saudi

Posisi kedua negara dengan ekonomi terkuat berdasarkan PDB per kapita ditempati Arab Saudi yang memiliki PDB per kapita sebesar USD30.447.9 atau sekitar Rp 472,7 juta.

3. Iran

Selanjutnya di tempat ketiga adalah Iran yang pada tahun 2022 memiliki total PDB per kapita sebesar USD18.261.8 atau sekitar Rp283,5 juta.

4. Mesir

Di posisi kedua dari bawaj adalah Mesir yang memiliki total PDB per kapita USD4.295.4 atau sekitar Rp 66,6 juta pada tahun 2022 lalu.

5. Ethiopia

Sementara negara anggota baru BRICS yang memiliki ekonomi terlemah dari sisi PDB per kapita dipegang oleh Ethiopia yang memiliki PDB per kapita USD1.027.6 atau hanya sekitar Rp15,9 juta.



Itulah masing-masing kekuatan ekonomi dari lima anggota baru BRICS, dari yang terkuat hingga terlemah didasarkan pada PDB per kapita.

Angka itu memang tidaklah mengejutkan mengingat UEA dan Arab Saudi memang merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam migas. Sedangkan Ethiopia merupakan negara berkembang yang kerap terkena krisis ekonomi.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)