Anggota BRICS Menjadi 10 Negara, China: Prospek ke Depan Makin Cerah

Rabu, 03 Januari 2024 - 13:49 WIB
loading...
Anggota BRICS Menjadi 10 Negara, China: Prospek ke Depan Makin Cerah
China meyakini prospek BRICS ke depan akan semakin cerah dengan bertambahnya anggota baru. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Keanggotaan BRICS resmi bertambah menjadi 10 negara setelah Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab (UEA), Iran dan Ethiopia resmi bergabung dalam organisasi antarpemerintah tersebut. Bertambahnya keanggotaan dinilai menunjukkan cerahnya prospekBRICSdi masa depan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan, sejak dimulainya 18 tahun lalu, mekanisme kerja sama BRICS telah meningkatkan kekompakan dan pengaruh serta menjadi kekuatan positif dan stabil demi kebaikan dalam urusan internasional. Fakta bahwa BRICS kini memiliki 10 negara anggota, kata Wang, menunjukkan prospek cerahnya.



"BRICS memutuskan untuk memperluas keanggotaannya, demi memenuhi aspirasi bersama pasar negara berkembang dan negara-negara berkembang, dan mengikuti tren global menuju multipolaritas. Kami akan bekerja sama dengan mitra BRICS untuk mengupayakan hasil baru dalam kerja sama BRICS yang lebih besar," ungkapnya seperti dilansir Global Times, Rabu (3/1/2024).

BRICS yang awalnya terdiri dari Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan kini mendapat lima anggota baru, yakni Mesir, Iran, UEA, Arab Saudi dan Ethiopia pada hari Senin (1/1) lalu. Sementara Argentina yang sedianya juga akan bergabung dengan BRICS setelah menerima undangan pada bulan Agustus 2023, tak jadi bergabung.

Presiden Argentina yang baru terpilih Javier Milei mengumumkan pada hari Jumat (29/12) bahwa Argentina tidak akan bergabung dengan kerangka negara berkembang BRICS. Meskipun Milei menyatakan bahwa saat ini bukan "saat yang tepat" bagi Argentina untuk bergabung sebagai anggota penuh, ia mengatakan bahwa ia akan berusaha untuk mengintensifkan hubungan bilateral dengan negara-negara BRICS untuk meningkatkan arus perdagangan dan investasi.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Senin bahwa kelompok negara-negara berkembang utama BRICS sedang menarik dukungan lebih lanjut dari negara-negara yang berpikiran sama yang memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama ketika negaranya mengambil alih kepemimpinan blok tersebut pada tahun 2024.



Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh Kremlin, Putin mengatakan prinsip-prinsip mendasar ini adalah "kesetaraan kedaulatan, penghormatan terhadap jalur pembangunan yang dipilih, saling mempertimbangkan kepentingan, keterbukaan, konsensus, aspirasi untuk membentuk tatanan internasional multipolar dan keuangan dan perdagangan global yang adil. sistem, dan pencarian solusi kolektif terhadap tantangan-tantangan utama di zaman kita."

"Kami akan melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa, sambil melestarikan tradisi dan berpedoman pada pengalaman yang diperoleh asosiasi di tahun-tahun sebelumnya, kami memfasilitasi integrasi yang harmonis bagi peserta baru dalam semua format kegiatannya," tegas Putin.

Dalam survei yang dilakukan Global Times pada tanggal 4 hingga 15 Desember 2023, 96,7% responden setuju bahwa perluasan keanggotaan BRICS adalah hal yang positif. Proses perluasan mekanisme BRICS semakin memperkuat suara negara-negara Selatan. Sebagian besar responden percaya bahwa Dunia Selatan dapat menjadi kekuatan penting yang mempengaruhi pola pembangunan global dalam 10 tahun ke depan.

Sekretaris Jenderal Forum Keuangan Dunia dan direktur Pusat BRICS dan Tata Kelola Global Feng Xingke mengatakan bahwa negara-negara Selatan telah menjadi kekuatan penting yang mempengaruhi lanskap politik dan ekonomi internasional. Hal ini menurutnya merupakan fakta dan tren yang tidak dapat diubah.

"Mengadopsi kebijakan non-blok yang positif dan memperkuat otonomi strategis, mereka akan memainkan peran penting dan berdampak pada pola pemerintahan global yang multipolar dan demokratisasi hubungan internasional," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)