Ruas Pamulang-Cinere-Raya Bogor Diresmikan Presiden, Segini Tarif Baru Tol Cijago

Senin, 08 Januari 2024 - 10:28 WIB
loading...
Ruas Pamulang-Cinere-Raya Bogor Diresmikan Presiden, Segini Tarif Baru Tol Cijago
Kehadiran ruas tol Tol Pamulang - Cinere - Raya Bogor menyambungkan Tol Serpong-Cinere (Sercin) dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ruas tol Tol Pamulang - Cinere - Raya Bogor, dengan total panjang 18 km di Depok, Jawa Barat, Senin (8/1/2024). Kehadiran ruas tol tersebut menyambungkan Tol Serpong-Cinere (Sercin) dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi ( Cijago ).



Presiden mengatakan, dengan tersambungnya Jalan Tol Sercin dengan Jalan Tol Cijago Depok, membuat akses baru untuk menuju bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah Cibubur, Bogor, Tangerang, atau Depok, karena tidak perlu lagi melewati jalan tol dalam kota.

"Pengoperasian jalan tol ini akan memberikan banyak pilihan kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di Cibubur, Bogor, Tangerang, untuk menjangkau daerah seperti Bandara Soekarno-Hatta tanpa harus perlu masuk ke dalam Kota," kata Presiden Jokowi saat meresmikan.



Presiden menjelaskan Tol Cijago merupakan bagian dari jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) 2 yang diharapkan akan semakin meningkatkan konektivitas antarwilayah dan pertumbuhan ekonomi kawasan Jabodetabek, juga akan mengurai kepadatan arus lalu lintas, khususnya di Kota Depok.

Jalan Tol Cijago menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) yang berpotongan pada Junction Cimanggis dan Tol Cimanggis-Cibitung untuk di sisi Timur.

Selanjutnya di barat terhubung dengan Tol Cinere-Jagorawi menuju ke Blok M ataupun Sawangan (Jalan Tol Depok–Antasari yang berpotongan pada Junction Krukut) serta menuju Bandara Soekarno Hatta melalui Tol Cinere-Serpong, Tol Serpong-Kunciran, dan Tol Kunciran-Bandara Soekarno Hatta.

"Ini akan memperlanjar mobilitas orang, barang, logistik yang kita harapkan masyarakat memiliki pilhan alternatif dengan menggunakan ruas jalan yang lebih lancar," harap Jokowi.

Dihubungi secara terpisah, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menjelaskan kehadiran ruas Pamulang - Cinere - Raya Bogor membuat penyesuaian tarif untuk ruas tol Cijago. "Penyesuaian tarif tol Cijago diberlakukan sejak Jumat 5 Januari 2024," ujar Endra saat dihubungi MNC Portal, Senin (8/1/2024).

Adapun besaran tarif jalan tol Cijago dan Simpang Susun Cimanggis - Cinere yakni:

1. Gol. I: Rp15.000
2. Gol. II: Rp23.000
3. Gol III: Rp23.000
4. Gol IV: Rp30.500
5. Gol. V: Rp30.500.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)