BI Mencatat Transaksi Tunai Merosot Saat PSBB

Kamis, 30 April 2020 - 19:11 WIB
loading...
BI Mencatat Transaksi Tunai Merosot Saat PSBB
Bank Indonesia (BI) mencatat terjadinya penurunan transaksi tunai seiring dengan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat terjadinya penurunan transaksi tunai seiring dengan penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB). Indikasi terlihat dari penurunan outflow senilai 5,2% (ytd) maupun inflow yang turun 1,7% (ytd) dari transaksi perkasan di BI dalam satu bulan terakhir.

“Disaat bulan puasa yang umumnya kebutuhan uang tunai meningkat, namun pada tahun ini menurun,” kata Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Dia melanjutkan penurunan transaksi debit melalui EDC yang bersifat face to face juga terus merosot seiring masih berlangsungnya PSBB. Adapun rata-rata transaksi harian melalui EDC terus tumbuh negatif selama tiga bulan berturut turut pada bulan Febuari, Maret bahkan sejak diterapkannya PSBB di bulan April.

“Kebutuhan tunai diperkirakan juga akan menurun terlebih ada larangan mudik. Dimana transaksi debet melaui EDC juga kita lihat retata menurun di Febuari minus 7,1%,” katanya.

Dirinya menambahkan, transaksi tunai di EDC juga semakin menurun pada Maret 2020 yang tumbuh -20,7% dengan nilai Rp231 miliar dan di bulan April semakin turun -45,5% dengan nilai Rp125 miliar. "Karena penurunan tajam terjadi sejak diumumkannya Work From Home," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)