Dukung Bisnis UMKM, Mahfud MD Janjikan Setiap Warkop Dapat Akses Internet Gratis

Kamis, 11 Januari 2024 - 08:46 WIB
loading...
Dukung Bisnis UMKM, Mahfud MD Janjikan Setiap Warkop Dapat Akses Internet Gratis
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 03, Mahfud MD mengatakan, akses internet menjadi salah satu kunci untuk memajukan bisnis UMKM di tengah pesatnya digitalisasi. Foto/Dok
A A A
SURABAYA - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 03, Mahfud MD mengatakan, akses internet menjadi salah satu kunci untuk memajukan bisnis UMKM di tengah pesatnya digitalisasi. Hal itu yang melandasi program prioritas Paslon 03 untuk memberikan akses internet gratis kepada masyarakat, khususnya pegiat UMKM.

"Kita punya program namanya gratisin, itu mau menggariskan wifi di berbagai tempat, internet menjadi kebutuhan dasar, kalau tidak ada internet bisa menghilangkan peluang. Makanya ini menjadi program unggulan kita," ujar Mahfud MD di Surabaya, Rabu (10/1/2024).



Menurutnya, akses kehadiran internet mampu mendorong para pelaku UMKM untuk lebih mudah tumbuh dan berkembang dalam melakukan penetrasi pasar yang lebih luas lewat platfrom digital.

"Kalau kaitannya dengan warung kopi ( warkop ), memang ada ikatannya, kalau disini warung kopi yang menyediakan internet, sehingga pengunjung banyak. Warung kopi kayak gini kan UMKM, kita akan memperluas jaringan internet gratis, sekaligus kemudahan bagi UMKM termasuk fasilitas internetnya," lanjutnya.



Kehadiran internet gratis ini, menurut Menko Polhukam itu bukan hanya bermanfaat bagi pelaku usaha, terutama skala mikro, namun juga bisa bermanfaat untuk sektor pendidikan. Program itu juga sekaligus menjawab masalah pemerataan akses internet diseluruh Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan program internet super cepat, gratis dan merata ini, Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD ini memiliki tiga strategi utama.

Pertama memastikan terpenuhinya target seluruh Indonesia terjangkau oleh akses internet, dengan penuntasan pembangunan menara BTS dan penyediaan layanan akses internet di titik-titik layanan fasilitas publik.

Kedua, akan menjalin kerja sama dengan pihak swasta dan BUMN untuk menyediakan fasilitas laptop dan akses internet gratis untuk 53,4 juta siswa SD, SMP, SMA, SMK, dan madrasah.

Ketiga, melakukan digitalisasi birokrasi di desa untuk dapat memetakan potensi pengembangan menunjang pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja baru.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)