Tips MotionTrade: 3 Jenis Obligasi Berdasarkan Pembayaran Kupon

Kamis, 11 Januari 2024 - 14:33 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 3 Jenis Obligasi Berdasarkan Pembayaran Kupon
3 Jenis Obligasi Berdasarkan Pembayaran Kupon dari MotionTrade. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Selain saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana dan obligasi yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Obligasi merupakan salah satu jenis investasi yang cukup menguntungkan dan bisa diandalkan untuk menambah aset keuangan. Keuntungan itu berasal dari bunga obligasi atau biasa disebut dengan kupon obligasi. Imbal hasil obligasi umumnya lebih besar dibandingkan bunga simpanan deposito.



Investor perlu mengetahui jenis-jenis obligasi berdasarkan pembayaran kuponnya sebelum memutuskan untuk berinvestasi. MotionTrade telah merangkum 3 (tiga) jenis obligasi berdasarkan pada jenis kuponnya, yaitu:

1. Kupon Tetap (Fixed Coupon Bonds)
Jenis kupon obligasi ini memberikan bunga yang bersifat tetap dari awal hingga jatuh tempo. Misalnya, dengan kupon obligasi sebesar 5% setiap tahunnya, maka Anda akan menerima bunga yang sama setiap periodenya. Imbal hasil fixed rate cocok bagi investor yang menghindari perubahan tingkat suku bunga. Selain itu, surat utang dengan kupon tetap dapat diperjualbelikan investor di pasar sekunder.

2. Obligasi Tanpa Kupon (Zero Coupon Bonds)
Jenis obligasi lainnya adalah obligasi yang tidak memberikan kupon atau bunga. Keuntungan obligasi tanpa kupon ini didapat dari dari diskon pembelian di awal. Investor membeli obligasi dengan harga diskon dan akan menerima dana dengan nilai penuh ketika jatuh tempo. Semakin lama waktu jatuh tempo, maka keuntungan yang didapatkan juga akan lebih besar.

3. Kupon Mengambang (Floating Coupon Bonds)
Jenis obligasi ini menawarkan kupon yang dapat berubah mengikuti perubahan suku bunga Bank Indonesia. Obligasi dengan tingkat kupon bunga mengambang telah ditentukan jangka waktunya berdasarkan suatu acuan tertentu, misalnya seperti Average Time Deposit (ATD), yang merupakan rata-rata tertimbang tingkat suku bunga deposito dari bank pemerintah dan bank swasta.



Ingin mendapatkan imbal hasil lebih besar dari bunga deposito? Anda bisa berinvestasi di Obligasi IV MNC Kapital Indonesia Tahap I Tahun 2023 dengan kupon 11,02% untuk tenor 370 hari kalender dan 11,69% untuk tenor 3 tahun. Pemesanan Obligasi ini dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi MotionTrade pada menu “Bonds” mulai dari Rp 5 juta. Untuk informasi dan jadwal lebih lanjut, serta mekanismepemesanannya, Anda dapat mengakses bit.ly/obligasibcap

Tutorial pembelian obligasi melalui aplikasi MotionTrade dapat Anda saksikan melalui: bit.ly/tutorialbondsonline
Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)