Insha Allah, 12 Juta UMKM Bakal Terima Duit Rp2,4 Juta Saat HUT RI

Selasa, 11 Agustus 2020 - 12:09 WIB
loading...
Insha Allah, 12 Juta UMKM Bakal Terima Duit Rp2,4 Juta Saat HUT RI
Kemenkeu memastikan bantuan untuk UMKM yang belum memiliki akses ke perbankan sebesar Rp2,4 juta akan segera cair. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan bantuan untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang belum memiliki akses ke perbankan sebesar Rp2,4 juta akan segera cair.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan program tersebut akan diluncurkan bulan ini. Program ini akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Kita rencananya yang Rp2,4 juta ini dengan data yang ada yang sekarang sedang di-clean-kan akan diluncurkan pada bulan Agustus ini. Mungkin sesudah, atau pada saat 17 Agustus nanti oleh bapak presiden atau menterinya yang memang ini programnya sudah diumumkan," kata Sri Mulyani dalam webinar, Selasa (11/8/2020). (Baca juga: Inilah Arti dan Makna Logo 75 Kemerdekaan RI )

Dia melanjutkan, bantuan ini akan diberikan kepada 12 juta UMKM. Adapun, pemerintah sedang menyusun data UMKM yang akan mendapat bantuan agar tepat sasaran.

"Saat ini pemerintah sedang pusatkan segmen masyarakat ini pembayaran cicilan, pemerintah memberikan bansos produktif dan pemerintah berikan kredit baru dan kepada usaha rumah tangga tersebut, jadi pemerintah bisa tingkatakan usaha mikro yang belum terkoneksi perbankan," jelasnya. (Baca juga: Penurunan Suku Bunga, Ekonom: Tidak Menjamin Meningkatnya Penyaluran Kredit )

Dia menambahkan, pemerintah menggunakan seluruh kebijakannya bagi pusat maupun daerah, dimana peranan pemerintah daerah juga sangat penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi. "Pemerintah hingga sekarang fokus untuk menghidupkan kembali ekonomi namun ini tetap dilakukan dengan terukur," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)