4G Telkomsel Gairahkan Ekonomi Masyarakat di Pulau Nain

Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:14 WIB
loading...
4G Telkomsel Gairahkan Ekonomi Masyarakat di Pulau Nain
Kehadiran jaringan 4G Telkomsel di Pulau Nain, Minahasa memberikan dampak positif terhadap masyarakat penghuni desa tersebut. Foto: Telkomsel
A A A
MINAHASA - Pria paruh baya itu bercerita bagaimana senangnya bisa melakukan koneksi jaringan ke sejumlah kerabatnya dengan tidak hanya mendengar suara saja di balik telepon. Tapi, sebaliknya bisa melihat langsung lawan bicaranya melalui fasilitas video call WhatsApp yang baru saja diunduhnya.

Butuh waktu empat tahun menikmati layanan tersebut, pascasejak 2016 layanan komunikasi milik Telkomsel operator merah putih masuk ke Desa Nain, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).



Desa Nain merupakan wilayah kepulauan. Untuk menjangkau daerah ini, dibutuhkan perjalanan darat dan laut berjam-jam lamanya. Desa Nain merupakan desa pemukiman suku Bajo yang terkenal dengan kemampuan menyelam sebagai pengembara laut dan hidupnya bergantung pada laut. Secara geografis, Desa Nain merupakan pulau yang masuk dalam wilayah Segitiga Terumbu Karang Taman Nasional Bunaken dan merupakan pulau terjauh yang menjadi kebanggaan masyarakat Minahasa.
4G Telkomsel Gairahkan Ekonomi Masyarakat di Pulau Nain

Adalah Kepala Desa Nain, Akrim L Hasyim yang mengisahkan bagaimana sumringahnya dia bersama seluruh warga di desa yang dihuni hampir 4.000 jiwa.

Menurutnya, sejak hadirnya layanan 4G Telkomsel membuat kehidupan masyarakatnya banyak berubah. Karena akses informasi yang diperolehnya kini tak terbatas, tidak saja bisa memanfaatkan komunikasi layanan pemerintahan menggunakan pesan WhatsApp tapi juga bisa memanfaatkan media sosial seperti, Facebook dan Youtube.

“Sangat disyukuri layanan 4G Telkomsel bisa hadir, dulu kalau menelepon ke sejumlah relasi kadang membayangkan wajahnya saja. Ini, bisa langsung bertatap muka pakai video call,” ujarnya sumringah, saat dihubungi, kemarin.



Tak hanya itu, kata dia, dengan 4G warga bisa memanfaatkan Youtube untuk membuka informasi tentang berbagai hal. Utamanya, bagaimana edukasi tentang protokol kesehatan maupun meningkatkan ekonomi masyarakat.

Apalagi, beberapa warga juga memanfaatkan mencari informasi tentang perkembangan sesuatu hal, baik berkaitan dengan informasi pasar rumput laut maupun dipakai anak-anak remaja untuk mencari informasi produk-produk pakaian.

“Tentu, hadirnya 4G Telkomsel di Nain diharapkan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat. Kita bisa promosikan produk-produk masyarakat di sini dengan melalui media sosial dan bisa tahu kemana saja produk bisa dipasarkan,” ungkapnya.

Hal serupa dirasakan, Ratih, 20 tahun, perempuan muda itu mengaku senang bisa menikmati 4G Telkomsel.
4G Telkomsel Gairahkan Ekonomi Masyarakat di Pulau Nain

“Dulu-dulu waktu belum 4G saya harus ke gunung agar dapat signal bagus. Sekarang tidak lagi, hanya di rumah saja saya bisa melihat dunia hanya melalui handphone dan berbagi informasi tentang daerah saya ke keluarga di luar pulau,” terangnya.

Bukan perkara mudah bagi Telkomsel menghadirkan layanan 4G Site Merah Putih di kawasan tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) ini. Meksi kendala harus dihadapi seperti transport atau transmisi, catuan daya untuk modernisasi perangkat BTS dan kebutuhan power exisring, serta transportasi menuju site sekitar 3 jam dari Kota Manado. Tapi, karena tekad besar menghadirkan pemerataan layanan komunikasi, maka semua menjadi mudah.

Hadirnya layanan internet ini merupakan hasil upgrade transmisi dan teknologi yang pertama kali dilakukan Telkomsel terhadap site Merah Putih.

“Site Merah Putih di Desa Nain sejak awal menggunakan akses satelit, dan saat ini telah dialihkan ke IP Radio serta teknologinya juga berubah dari 2G ke 4G LTE. Kini, masyarakat setempat bisa mengakses internet sehingga dapat membuka potensi diri dan daerah untuk membantu perkembangan ekonomi dan pariwisata,” kata General Manager Network Operation and Quality Management Telkomsel Regional Sulawesi Muhammad Idham Kadir, saat dihubungi.



Dia menjelaskan, Merah Putih merupakan program pegelaran jaringan telekomunikasi yang digagas oleh Telkomsel masyarakat Indonesia di kawasan tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) yang diharapkan memberikan solusi agar masyarakat di wilayah-wilayah yang belum terjangkau layanan telekomunikasi bisa menikmati layanan telekomunikasi dengan standar kualitas yang sama dengan wilayah lainnya di seluruh Indonesia.

Telkomsel telah hadir di Desa Nain melalui Program Merah Putih sejak 28 Juli 2016.

“Kami berharap, dengan hadirnya internet di Desa Nain, potensi pariwisatanya semakin dikenal dan mendatangkan banyak wisatawan dan dapat membantu para pelajar di masa pembelajaran online,” terangnya.

Idham menuturkan, baru dua pekan 4G mulai diaktifkan, makanya keberhasilan ini menjadi bersejarah karena Sulawesi yang pertama Telkomsel se-Indonesia.

“Pulau Nain menjadi prioritas, apalagi kondisi masyarakat di kepulauan juga akses kemana-mana susah. Sehingga layanan komunikasi khususnya broadband sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Idham menyebutkan, saat ini jumlah pelanggan di pulau Nain sebanyak 143, walaupun jika dibandingkan dari sisi bisnis investasinya besar. Namun, untuk program ini, spirit Telkomsel menghadirkan layanan broadband bagi masyarakat sangat besar.
4G Telkomsel Gairahkan Ekonomi Masyarakat di Pulau Nain

“Walaupun, secara jumlah populasi memang sedikit tapi kita optimis investasi yang ditanam sesuai dengan hasil yang akan didapatkan. Semangat merah putih untuk memerdekakan masyarakat di daerah rural khususnya 3T untuk dapat menikmati layanan internet yang berkualitas pemicu hal ini dihadirkan,” ujarnya.

Idham memaparkan, jaringan 4G di pulau Nain dikhususkan untuk pelanggan di pulau tersebut, sementara untuk pulau sekitar masih terjangkau dari BTS regular Telkomsel. Terdapat 1 site dengan 2 BTS yaitu BTS 2G dan BTS 4G.

“Ke depannya di regional Sulawesi secara bertahap, kami akan melakukan hal yang serupa terhadap terhadap 41 site Merah Putih dan 23 site USO,” pungkas Idham.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)