alexametrics

Pertamina Siapkan Pemulihan Pipa Bocor di Teluk Balikpapan

loading...
Pertamina Siapkan Pemulihan Pipa Bocor di Teluk Balikpapan
PT Pertamina (Persero) menyiapkan pemulihan untuk pipa yang putus di perairan Teluk Balikpapan, setelah mendapatkan izin perbaikan dari Kementerian LHK. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyiapkan pemulihan untuk pipa yang putus di perairan Teluk Balikpapan, setelah mendapatkan izin perbaikan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Meski begitu perbaikan, masih harus menunggu tinjauan pihak terkait di antaranya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Surat izin komplit, tapi ini dalam rangka pemulihan dan membuat system baru ke depan. Itu kan objek vital, Direktur Teknik ESDM akan datang ke kilang kita untuk investigasi. Kita tidak bisa langsung nyimpulkan. Itu teknik pemasangan gimana. Jarak pandang di bawah sangat minim, jadi challangenya juga sangat luar biasa," terang Direktur Utama PT Pertamina (Pesero) Elia Massa Manik di Gedung DPR, Senin (16/4/2018).

Sementara terkait dengan skema ganti rugi untuk korban yang terkena tumpahan minyak di Balikpapan. Pihak Pertamina disebutkan telah mempersiapkan pendanaan sesuai dengan peraturan pemerintah. Bahkan Elia Massa mengaku telah menyalurkan beberapa bantuan bagi para korban dan nelayan. Hal ini menjadi bukti komitmen perusahaan untuk bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Terkait kerugian pihak Pertamina masih menghitungnya secara keseluruhan. "Secara total, masih dihitung. Banyak nelayan yang tidak melaut, tapi sudah kita siapkan. Kita fokus ke penanggulangan tumpahan minyak," paparnya.
(akr)
preload video
BACA JUGA