5 Kereta Api Termewah di Dunia, Dilengkapi Layanan Spa

Senin, 15 Januari 2024 - 11:00 WIB
loading...
5 Kereta Api Termewah di Dunia, Dilengkapi Layanan Spa
Kereta api termewah di dunia dirancang bukan untuk transportasi semata, melainkan untuk pariwisata. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Kereta api termewah di dunia dirancang bukan untuk transportasi semata, melainkan untuk pariwisata dan menawarkan pengalaman tak terlupakan.

Para penumpang kereta api termewah punya motivasi menikmati hidup dengan santai untuk menjelajahi wilayah sambil menikmati rute yang indah. Fasilitas kereta api mewah ini sebanding dengan hotel mewah karena dilengkapi dengan area makan, ruang tunggu, dan akomodasi. Saat ini, kereta api mewah sudah bisa ditemukan di banyak bagian dunia.

Berikut lima kereta api mewah yang dapat dipertimbangkan untuk perjalanan yang menyenangkan dilansir dari Slash Gear:

1. Royal Canadian Pacific


Kereta api mewah ini berdesain vintage dengan sejarah panjang. Keretanya berasal dari 1916. Pada era tersebut, kereta api ini difungsikan sebagai sarana transportasi yang nyaman menghubungkan pantai timur dan barat Kanada. Kereta api ini terdiri dari 10 gerbong bisnis dan dua lokomotif tua, membawa berbagai tokoh publik sejak awal beroperasi, termasuk Raja George VI, Putri Elizabeth, Presiden AS Franklin Roosevelt dan John F. Kennedy, serta Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.



Namun, pada 2000, gerbong-gerbong itu diubah menjadi kereta tur mewah seperti sekarang. Berbicara tentang tur, ada tiga jenis ekspedisi yang bisa dipilih. Pertama, tur Royal Canadian Rockies berlangsung selama lima hari dan empat malam, membawa penumpang dari Alberta ke British Columbia sebelum kembali ke Alberta. Lalu, ada Royal Pacific Express, perjalanan empat hari dan tiga malam yang dimulai di Alberta dan berakhir di Vancouver. Ekspedisi Royal Prairie Express durasi waktunya sama, tetapi rutenya terbalik (Vancouver ke Alberta).

Dari segi desain, Royal Canadian Pacific menampilkan perabot dan perlengkapan impor Rusia yang memberikan tampilan interior elegan dan klasik. Namun, fasilitasnya disesuaikan untuk memberikan pengalaman di atas kapal modern dan nyaman bagi penumpang. Ada gerbong makan mewah, gerbong observasi di bagian belakang dengan dek terbuka kecil, dan area lounge di setiap gerbong tidur. Meskipun memiliki gaya klasik, akomodasi dilengkapi dengan kenyamanan, seperti brankas di dalam kamar, kamar mandi pribadi dengan shower, lemari pakaian, dan telepon internal yang dapat digunakan untuk memesan layanan kamar.

2. Andrean Explorer


Dioperasikan oleh perusahaan perhotelan dan rekreasi Belmond, Andean Explorer menyandang predikat kereta api tidur mewah pertama di Amerika Selatan. Kereta ini melintasi salah satu jalur kereta api tertinggi di dunia, menghubungkan kota-kota Arequipa, Puno, dan Cusco di Peru.

Kereta api ini dirancang dengan fokus pada kemewahan kontemporer dan dilengkapi dengan 16 gerbong. Ada gerbong lounge yang menyediakan koktail dan musik piano, gerbong bar observasi dengan dek terbuka yang terhubung ke bar dalam ruangan, gerbong spa yang menawarkan berbagai pijat dan terapi, dan dua gerbong restoran yang menyajikan hidangan dengan bahan lokal. Gerbong-gerbong lainnya diperuntukkan untuk akomodasi. Terdapat 35 kabin di Andean Explorer, semuanya dilengkapi fasilitas seperti kamar mandi dalam dengan wastafel dan shower, AC, lemari pakaian, stopkontak daya 220V, dan tombol panggilan 24 jam selama sepekan.



Rutenya menanjak ke pegunungan membuat setiap kamar juga dilengkapi dengan tangki oksigen dan masker. Seorang asisten medis di dalam kereta juga berjaga setiap saat jika ada penumpang mengalami masalah pernapasan selama perjalanan.

Penumpang dapat memili tiga jenis kabin di kereta, mulai dari ranjang susun, ranjang twin, atau suite. Ukurannya bervariasi mulai dari sekecil 5,5 meter persegi hingga seluas 13,1 meter persegi. Andean Explorer berangkat setiap hari Selasa dan Kamis dari Cusco, setiap hari Rabu dan Minggu dari Puno, dan setiap hari Sabtu dari Arequipa. Operasinya dihentikan selama sebulan setiap bulan Februari.

3. Seven Stars in Kyushu


Beroperasi sejak 2013, Seven Stars in Kyushu Luxury Sleeper Train membawa penumpang melintasi tujuh prefektur di pulau selatan Jepang, Kyushu. Nama kereta ini mencerminkan tidak hanya tujuh prefektur tersebut tetapi juga tujuh daya tarik utama pulau tersebut, yakni bentangan alam, mata air panas, makanan, kereta, manusia, sejarah dan budaya, serta yang disebut "power spots".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2536 seconds (0.1#10.140)