10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 11:43 WIB
loading...
10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia
Dengan tarif lebih murah, kereta api masih menjadi pilihan utama. Imbasnya berbagai perusahaan kereta api global mencatatkan kinerja positif baik dari segi pendapatan maupun kapitalisasi pasar. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
KERETA api (KA) masih menjadi moda transportasi massal pilihan masyarakat dunia, selain udara dan laut. Dengan tarif yang dipastikan lebih murah dibanding moda transportasi udara dan laut, hampir dipastikan moda ‘ular besi’ ini masih menjadi pilihan utama khususnya di negara-negara berkembang. (Baca juga: Kereta Api dengan Harga Tiket Termahal di Dunia)

Imbasnya berbagai perusahaan KA global mencatatkan kinerja positif baik dari segi pendapatan maupun kapitalisasi pasar. Berikut 10 perusahaan kereta api raksasa di dunia. (Baca juga: Mengenal 10 Raksasa Taksi Online di Dunia, Inilah Mereka)

1. Union Pacific Railroad
10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia

Tahun berdiri : 1862
Operasional : 50.000 karyawan, 8.721 lokomotif, dan 94.284 gerbong barang
Union Pacific Railroad saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD123,56 miliar - tertinggi dalam daftar ini. Union Pacific Railroad adalah rel kereta pengangkut barang yang mengoperasikan 8.300 lokomotif dengan rute sejauh 32.200 mil (51.800 km) di 23 negara bagian AS di barat Chicago dan New Orleans.

Union Pacific Railroad didirikan pada 1862 dan saat ini berkantor pusat di 1400 Douglas Street, Omaha, Nebraska. Pada 2019 Union Pacific Railroad menghasilkan pendapatan sebesar USD 22,83 miliar. (Baca juga: Jalur Kereta Transit Terpadat Didominasi Amerika Latin)

2. Canadian National Railway
10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia

Tahun berdiri : 1919

Operasional : Kereta penumpang,
- Lokomotif : Uap, Listrik, Turbo, Diesel, Mobil Barang, Kontainer antarmoda luar negeri, Kontainer antarmoda Amerika Utara

Canadian National (CN) Railway (Kereta Api Nasional Kanada) adalah kereta api barang Kelas I Kanada yang berkantor pusat di Montreal, Quebec. Mereka melayani wilayah Kanada dan Amerika Serikat Bagian Tengah dan Selatan. (Baca juga: Demonstran Kanada Blokir Jalur Kereta, Tolak Proyek Pipa Gas)

CN adalah jalur kereta api terbesar di Kanada, baik dari segi pendapatan maupun ukuran fisik jaringan relnya. Jaringan relnyamembentang di Kanada dari pantai Atlantik di Nova Scotia hingga pantai Pasifik di British Columbia melintasi jalur jalur sekitar 20.400 mil (32.831 km).

3. Central Japan Railway Company
10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia

Tahun berdiri : 1987

Operasional : Transportasi, Merchandise, Konstruksi, Travel, Rolling Stock, dan banyak lagi
Central Japan Railway Company/JR (Perusahaan Kereta Api Jepang Pusat) adalah perusahaan kereta api utama Jepang yang beroperasi di wilayah Chubu (Nagoya). Pusat operasional JR Central adalah Stasiun Nagoya dan kantor pusat administrasi perusahaan terletak di JR Central Towers di atas stasiun. Jalur kereta tersibuk yang dioperasikan oleh JR Central adalah Jalur Utama Tokaido antara Stasiun Atami dan Stasiun Maibara. (Baca juga: Kereta Jepang Berkercepatan 400 km/Jam Beroperasi 2030)

4. East Japan Railway Company
10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia

Tahun berdiri : 1987
Operasional :
- Jalur : melayani wilayah Kanto dan Tohoku, bersama dengan area yang
berdekatan di wilayah Koshin'etsu (Prefektur Niigata, Nagano, Yamanashi) dan Shizuoka
- Layanan kereta : Shinkansen, Ekspres terbatas (siang hari), Ekspres terbatas (malam)
East Japan Railway Company (Perusahaan Kereta Api Jepang Timur) terdiri dari tujuh perusahaan nirlaba (kabushiki gaisha) yang mengambil alih sebagian besar aset dan operasi Perkeretaapian Nasional Jepang milik pemerintah pada tanggal 1 April 1987. (Lihat grafis: WHO Menyetujui Uji Klinis Herbal Untuk Cari Obat Covid-19)

5. MTR (Mass Transit Railway)
10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia

Tahun berdiri : 1975

Operasi MTR :
- Jumlah stasiun : Rel berat: 95, Rel ringan: 68
- Jumlah jalur : Rel berat: 11, Rel ringan: 12
MTR adalah jaringan transportasi umum utama yang melayani Hong Kong. Dioperasikan oleh MTR Corporation Limited (MTRCL), layanan ini terdiri dari layanan kereta api berat, kereta ringan, dan bus pengumpan yang berpusat pada jaringan transit cepat 11-jalur yang melayani daerah perkotaan di Pulau Hong Kong, Kowloon, dan New Territories. (Baca juga: Rekor, Jumlah Warga Hong Kong yang Mengajukan Paspor Inggris)

6. Norfolk Southern Railway
10 Perusahaan Kereta Api Paling Menguntungkan di Dunia

Tahun berdiri : 1990
Norfolk Southern Railway (Jalur Kereta Api Selatan Norfolk) adalah jalur kereta api barang Kelas I di Amerika Serikat dan saat ini dinamakan Jalur Kereta Api Selatan. Perusahaan mengoperasikan 19.420 mil rute (31.250 km) di 22 negara bagian timur, District of Columbia, dan memiliki hak di Kanada atas rute Albany ke Montreal dari Jalur Kereta Pasifik Kanada, dan sebelumnya di CN dari Buffalo ke St. Thomas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3016 seconds (0.1#10.140)