Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Digital, FanMate Wadahi Para Content Creator

Rabu, 17 Januari 2024 - 07:44 WIB
loading...
Dukung Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Digital, FanMate Wadahi Para Content Creator
FanMate diluncurkan bersamaan dengan gelaran Indonesia Comic Con x DG Con pada 4-5 November 2023 lalu di Jakarta Convention Center (JCC) yang menghadirkan pengalaman pop culture festival. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - FanMate hadirkan platform digital content creation yang dapat mewadahi para content creator untuk memaksimalkan potensinya di bidang konten kreatif, sekaligus berkontribusi dalam mendorong kemajuan ekosistem digital dan menggerakan pertumbuhan ekonomi kreatif digital Tanah Air.



FanMate diluncurkan bersamaan dengan gelaran Indonesia Comic Con x DG Con pada 4-5 November 2023 lalu di Jakarta Convention Center (JCC) yang menghadirkan pengalaman pop culture festival event terbaik dan terbesar di Indonesia.

Berdasarkan riset DataReportal, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2023 mencapai 212,9 juta pengguna, dengan jumlah pengguna media sosial sekira 167 juta atau 60,4% dari total populasi. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan internet dan platform media sosial memiliki potensi yang sangat besar untuk dapat dioptimalkan.



Di antara banyaknya peluang yang ada, digital content creation menjadi salah satu yang paling besar potensinya untuk tumbuh dan berkembang. Untuk itu, kehadiran FanMate diharapkan dapat mendorong lebih banyak talenta digital Indonesia yang dapat memaksimalkan platform digital content creation untuk mengembangkan potensinya sebagai content creator yang memiliki dampak, sehingga turut membuka berbagai peluang pertumbuhan industri kreatif dan digital nasional.

FanMate merupakan platform digital content creation dengan konsep User Generated Content (UGC) yang memungkinkan mereka untuk berbagi karya, membangun fan-base, dan menerima dukungan secara langsung dari para penggemarnya.

Melalui platform ini, siapa pun dapat menjadi content creator dengan dukungan berbagai fitur unggulan seperti fitur Content Monetization, di mana para content creator dapat menyajikan konten-konten eksklusif secara langsung atau dengan sistem pre-order, baik konten berupa gambar, video, tulisan, ataupun audio. Fitur Membership Community yang memberikan kemudahan bagi content creator untuk membangun basis penggemarnya.

Kemudian fitur Tipping Monetization untuk penggemar memberikan dukungan kepada content creator, lalu fitur Point Loyalty yang membebaskan content creator untuk mengatur sistem poin loyalitas dan reward, serta fitur Interaction Features yang memberikan penggemar pengalaman berinteraksi dengan content creator melalui penukaran poin.

Melalui interaksi yang lebih dekat ini, para penggemar tidak hanya menjadi penonton biasa, tetapi juga merasa terlibat secara langsung dalam perjalanan kreatif para content creator yang mereka dukung.

Platform FanMate terbuka bagi seluruh content creator Indonesia yang memiliki minat dari berbagai bidang, mulai dari fashion, cosplay, musik, video game, esports, hingga teknologi. Saat ini, FanMate telah memiliki lebih dari 500 pengguna yang terdaftar sebagai content creator dan lebih dari 1.500 pengguna yang terdaftar sebagai penggemar. Untuk bergabung di FanMate, para content creator dan penggemar cukup melakukan registrasi di website.

Selain meluncurkan platform FanMate, pada penyelenggaraan Indonesia Comic Con x DG Con 2023, FanMate juga menggelar FanMate Fest Competition Cosplayer Edition, di mana para cosplayers dan content creator berpeluang untuk menjadi Cosplay Idol dengan hadiah utama senilai Rp20 juta bagi peserta terbaik.

Ke depannya, FanMate Fest Competition akan terus dihadirkan secara rutin, dengan menawarkan lebih banyak kompetisi lainnya yang melibatkan content creator dari berbagai bidang termasuk musik, gaming, hingga fotografi untuk dapat menunjukkan hasil karya terbaiknya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)