Bisnis Konten Kuat, Pendapatan MSIN Naik 14% Jadi Rp3,51 Triliun

Sabtu, 25 Maret 2023 - 11:40 WIB
loading...
Bisnis Konten Kuat, Pendapatan MSIN Naik 14% Jadi Rp3,51 Triliun
PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) mencetak kenaikan pendapatan sebesar 14% sepanjang 2022, dimana bisnis konten tetap menunjukkan kinerja yang kuat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) mencetak kenaikan pendapatan sebesar 14% sepanjang 2022. Anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) ini membukukan pendapatan sebesar Rp3,518 miliar.



Pendapatan MSIN ditopang beberapa segmen, salah satunya bisnis konten yang kembali menunjukkan kinerja kuat dengan menghasilkan pendapatan sebesar Rp2.427 miliar, naik 17% YoY dari Rp2.076 miliar pada tahun lalu. Hingga tahun 2022, MSIN masih mendominasi pangsa pasar produksi di semua genre, menjadikannya produsen konten terbesar di tanah air.

"Bisnis konten kami tetap kuat dalam menghasilkan berbagai konten yang memuncaki tangga program terbaik sepanjang tahun, sementara bisnis digital kami juga meningkat secara signifikan dengan peningkatan traksi di aplikasi super AVOD dan SVOD kami, RCTI+ dan Vision+," ujar Direktur MSIN, Valencia Tanoesoedibjo , Sabtu (25/3/2023).



Sementara itu pendapatan iklan digital Perseroan menunjukan hasil yang kuat dengan membukukan pendapatan Rp1,503 triliun atau meningkat 13% dibandingkan tahun lalu. Hal ini terutama disebabkan oleh peningkatan kinerja AVOD superapp Perseroan, RCTI+, tujuh portal online, serta monetisasi berkelanjutan dari platform media sosial Perseroan.

Untuk FY-2022, Perseroan memperoleh pendapatan tambahan sebesar Rp423 miliar dari Vision+, superapp SVOD milik Perseroan. Ini merupakan peningkatan 12% YoY dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Valencia mengatakan, perseroan juga berhasil mempertahankan kehadirannya yang kuat di platform media sosial seperti YouTube Facebook, dan TikTok. Tahun ini juga menandai peluncuran game pertama MSIN yang disebut "Fight of Legends", yang tidak hanya tersedia di dalam negeri, tetapi juga di seluruh dunia.

"Game ini diyakini menjadi salah satu katalis utama Perseroan dalam jangka panjang. Selain itu, MSIN juga telah mulai melakukan beberapa produksi dramanya di Movieland, kompleks studio terpadu kami yang berlokasi di Lido, dan kami berharap hal ini pada akhirnya akan semakin meningkatkan efisiensi Perseroan di masa mendatang," ungkapnya.

Adapun beban langsung perseroan naik 13% menjadi Rp2,45 triliun. Peningkatan beban langsung terutama disebabkan oleh peningkatan output produksi konten dan berbagai biaya konten dalam bentuk video, audio, musik, dan teks untuk semua aset digital MSIN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1963 seconds (0.1#10.140)