Transformasi Bisnis, Bank Jatim Cetak Kinerja Positif di 2023

Selasa, 23 Januari 2024 - 15:28 WIB
loading...
Transformasi Bisnis, Bank Jatim Cetak Kinerja Positif di 2023
PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) sukses mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun lalu. FOTO/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk ( Bank Jatim ) sukses mencatatkan kinerja yang positif sepanjang tahun lalu. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Paparan Publik Bank Jatim Tahun 2023 yang telah diselenggarakan pada hari Selasa (23/1/2023).

Direktur Utama Bank Jatim, menjelaskan, sepanjang 2023, manajemen telah melakukan banyak hal demi tercapainya visi dan misi Bank Jatim menjadi Bank Pembangunan Daerah (BPD) nomor satu di Indonesia. Yaitu mengimplementasikan dan mengadopsi proses bisnis perbankan yang dinamis, meningkatkan captive market yang sudah menjadi kekuatan Bank Jatim.

"Kami juga telah melakukan transformasi terhadap bisnis proses yang kurang relevan dan organisasi. Sehingga bisa lebih fokus pada percepatan dan akselerasi bisnis agar Bank Jatim dapat resilience dan agile dalam segala keadaan," katanya, Selasa (23/1/2023).



Dia menegaskan, beberapa indikator keuangan utama telah menunjukan perbaikan. Namun, beberapa faktor eksternal masih menjadi tantangan Bank Jatim. Antara lain kondisi ekonomi makro yang dinamis dan harus terus memastikan beberapa transformasi fundamental yang dicanangkan manajemen dapat terus berjalan.

“Maka dari itu manajemen Bank Jatim terus melakukan beberapa penyesuaian terhadap capaian strategi bisnis untuk menghasilkan ekosistem bisnis yang stabil,” lanjut Busrul.

Sebab, kata dia, ekosistem bisnis yang stabil merupakan kekuatan emiten berkode BJTM itu dalam memberikan value dan benefit yang terus tumbuh setiap tahun. Baik bagi para shareholders maupun stakeholders.

Bank Jatim terus berusaha menjadi mitra strategis di bidang finansial bagi Pemerintah Daerah (Pemda) di Jatim. Seperti layanan transaksi elektronifikasi bagi Pemda, pengelolaan cash management bagi ASN, pembiayaan konsumsi belanja pemerintah, dan layanan keuangan pemerintah lainnya.

Di luar ekosistem pemerintah daerah, dalam upaya untuk meningkatkan market bisnis Bank. Di tahun 2023 Bank Jatim juga telah mengimplementasikan kebijakan segmentasi kredit yaitu mikro, kecil menengah, korporasi dan sindikasi.

“Hal tersebut dilakukan agar lebih fokus dan terarah. Ini relatif membawa hasil yang cukup baik yaitu adanya peningkatan penyaluran kredit yang eksponensial khususnya pada segmen kredit mikro dan kecil,” ungkap Busrul.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1684 seconds (0.1#10.140)