Menkeu: Banyak Orang RI Bergaya Kaya Tapi Mental Miskin

Minggu, 13 Mei 2018 - 10:16 WIB
Menkeu: Banyak Orang RI Bergaya Kaya Tapi Mental Miskin
Menkeu: Banyak Orang RI Bergaya Kaya Tapi Mental Miskin
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani curhat masih banyak orang Indonesia yang mengemplang pajak dan menghindar dari kewajiban mereka. Menurutnya, mental orang Indonesia berlagak kaya, tapi kemudian mengaku miskin saat harus membayar pajak.

"Paling susah di republik ini, orang gayanya kaya banget, tapi mentalnya miskin banget. Gayanya orang kaya minta ampun, bukan main, mobil bagus, disuruh lakukan kewajiban membayar pajak kemudian acting like a very poor guy (akting seperti orang miskin)," ujar Sri Mulyani di Jakarta.

Mantan Direktur Bank Dunia ini menegaskan, kesadaran membayar pajak seharusnya dimiliki setiap masyarakat. Pasalnya Ia menerangkan, pajak merupakan instrumen terpenting dalam meningkatkan pembangunan ekonomi.

Meski begitu, Ia menerangkan masih banyak generasi muda yang tidak langsung berpandangan negatif soal kewajiban membayar pajak. Sebab, pemerintah sebagai pengumpul pajak sudah memiliki aturan dan pedoman yang jelas terkait proses pengumpulan pajak dari masyarakat.

"Ada yang bilang, 'Bu bagaimana saya baru usaha belum untung, tapi sudah harus bayar pajak.' Loh pajak itu dari keuntungan. Kadang-kadang persepsi itu membuat Anda sudah jugdement, suudzon, kalau orang bilang sudah berprasangka buruk lebih dulu," tegasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)