Unilever Siapkan Sejumlah Program bagi Mitra UMKM Terdampak Covid

Rabu, 12 Agustus 2020 - 08:10 WIB
loading...
Unilever Siapkan Sejumlah Program bagi Mitra UMKM Terdampak Covid
Foto/dok
A A A
JAKARTA - PT Unilever Indonesia Tbk telah menyiapkan sejumlah program bagi mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terpukul lantaran lesunya aktivitas ekonomi akibat dari mewabahnya virus corona.

Direktur Integrated Operations Unilever Indonesia Enny Hartati Sampurno mengatakan, melihat banyaknya mitra merchant yang berasal dari UMKM yang ikut terpukul, perseroan memiliki berbagai program agar bisa membantu para mitranya.

"Banyak dari mitra kami yang juga ikut terpukul karena pandemi ini. Untuk itu, kami memiliki berbagai program besar digitalisasi untuk UMKM," kata Enny dalam webinar Gotong-royong #JagaUMKM Indonesia, yang disiarkan secara virtual di Jakarta kemarin. (Baca: Jadi Lumbung Cukai, Kemenperin: Industri Rokok Harus Diselamatkan)

Program pertama, kata dia, adalah memberikan pendampingan terhadap minimarket lokal. Enny mengakui di Indonesia masih banyak ditemukan minimarket lokal yang dibuka secara independen dan pemiliknya berasal dari lokal atau pelaku UMKM.

Menurutnya, usaha yang dijual oleh minimarket lokal ini sudah berbentuk seperti minimarket namun pengelolaannya masih tradisional, sehingga dia berpendapat para mitranya merasakan kesulitan dalam memutar uang untuk modal.

"Bayangkan saja, mereka konsepnya sudah seperti minimarket tapi pengelolaannya masih tradisional. Mereka belum memiliki pencatatan barang yang masuk berapa dan barang keluar berapa, harusnya catatan seperti ini harus ada. Makanya hal-hal kecil ini melalui pendampingan, terus kita berikan," jelasnya.

Enny juga menyebutkan program ini sudah lama berjalan sejak 2016. Namun, pihaknya masih terus melakukan pendampingan ini hingga para mitranya bisa benar-benar merasakan manfaatnya. (Baca juga: Pemerintahan Lebanon Bubar di Tengah Kemarahan Publik)

Program yang kedua adalah meluncurkan aplikasi SahabatWarung. Dia menjelaskan, aplikasi ini merupakan salah satu cara memudahkan para mitranya untuk mendapatkan produk-produk yang dimiliki Unilever.

"Biasanya memang setiap Minggu itu ada sales kita yang turun ke warung-warung mitra kita untuk membawa produk-produk kita. Nah, sekarang dengan adanya aplikasi ini mereka bisa order langsung produk-produk kita secara online. Enggak perlu nunggu sales-nya lagi," katanya.

Dia juga mengakui ada tantangan dalam pengoperasian aplikasi ini lantaran banyak pelaku UMKM yang belum terbiasa melakukan pemesanan secara daring.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2359 seconds (0.1#10.140)