Dukung Asian Games, PLN Bangun Insfrastruktur Rp1,4 Triliun

Rabu, 16 Mei 2018 - 17:15 WIB
Dukung Asian Games, PLN Bangun Insfrastruktur Rp1,4 Triliun
Dukung Asian Games, PLN Bangun Insfrastruktur Rp1,4 Triliun
A A A
DEPOK - PT PLN (Persero) membangun infrastruktur ketenagalistrikan dengan investasi sebesar Rp1,4 triliun berupa jaringan transmisi dan gardu induk (GI) untuk memperkuat kelistrikan khususnya di DKI Jakarta menjelang Asian Games.

"Infrastruktur terkait kelistrikan ini demi menyediakan pasokan listrik yang lebih handal dan mendukung suksesnya gelaran Internasional ASEAN Games 2018 di Jakarta. Selain itu, juga menyalurkan listrik untuk kebutuhan MRT," kata Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN, Haryanto WS saat meresmikan pembangunan infrastruktur listrik di Gardu Induk PLN Gandul, Depok, Jawa Barat, Rabu (15/5/2018).

Pembangunan infrastruktur jaringan ini dilakukan oleh PLN Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera Jawa (UIP ISJ), PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), dan PLN Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB).

Berdasarkan data PLN, UIP JBB berhasil menyelsaikan lima proyek GI dan transmisi dengan total kapasitas sebesar 500 kilovolt (kV) dan 150 kV.

"Total kapasitas trafo GI dan panjang transmisi ini sekarang mencapai 1060 MVA dan panjang konduktor kabel sepanjang 8,779 km. Lima pembangunan GI dan Transmisi 500 kV dan 150 kV nilai proyek secara keseluruhan sebesar Rp904,9 miliar," kata dia.

Sementara PLN UIP ISJ juga berhasil menyelesaikan tiga pembangunan proyek infrastruktur. "Dengan nilai proyek sebesar Rp203,8 miliar dan USD183.319, PLN UIP ISJ berkontribusi aktif meningkatkan keandalan listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Diharapkan dengan GI dan transmisi pada semester I tahun ini dapat memenuhi tuntutan kebutuhan listrik di Jakarta," jelas dia.

Sedangkan TJBB, sambungnya, berhasil melakukan pekerjaan pemeliharaan infrastruktur ketenenagalistrikan sebanyak 12 proyek. "Jadi kalau di total seluruh proyek investasinya sebesa Rp1,4 triliun. Selain menyukseskan Asian Games, ini juga untuk MRT," jelasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7260 seconds (0.1#10.140)