Bantu Anak Muda Bekerja di Jepang, Caleg Perindo Berman Nainggolan Bangun Lembaga Pelatihan

Jum'at, 26 Januari 2024 - 11:06 WIB
loading...
Bantu Anak Muda Bekerja di Jepang, Caleg Perindo Berman Nainggolan Bangun Lembaga Pelatihan
Mengelola bonus demografi yang sedang dialami Indonesia, Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 4, Berman Nainggolan, SH., MH dari Partai Perindo ikut memberikan solusi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mengelola bonus demografi yang sedang dialami Indonesia, Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil 4, Berman Nainggolan , SH., MH dari Partai Perindo ikut memberikan solusi. Dimana Ia membantu, para anak muda Indonesia yang ingin berkarir di dalam dan luar negeri.



Program yang sudah berjalan selama hampir empat tahun itu, sudah menempatkan 500 pemuda yang ditempatkan di berbagai perusahaan Jepang di Indonesia. Selain itu ada juga 25 orang yang sudah berangkat ke Jepang, untuk berkarir di Negeri Matahari Terbit.

“Tahun 2020 saya berkonsultasi dengan beberapa perusahaan Jepang, kebetulan saya juga konsultan hukum di beberapa perusahaan Jepang di Indonesia. 500 pemuda pemudi yang sudah saya tempatkan di beberapa perusahaan Jepang yang ada di Indonesia, mengatasnamakan DPD Partai Perindo Jakarta Timur,” ucap Berman dalam Podcast Aksi Nyata di kanal Youtube Partai Perindo, Kamis (25/1/2024).

Berman juga menyatakan bahwa program tersebut bisa diikuti siapa pun dan tidak dipungut biaya alias gratis. Selain itu, program tersebut juga mendukung para pemuda yang ingin berkarier di luar negeri salah satunya Jepang.



Untuk mengirimkan tenaga kerja Indonesia agar bisa bekerja di Jepang merupakan sebuah tantangan. Pasalnya terdapat berbagai kriteria yang harus dipenuhi, seperti kemampuan berbahasa Jepang, paling tidak tingkat dasar.

Oleh karenanya, Berman turut membangun Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Hal ini bertujuan untuk membantu memenuhi segala pelatihan dasar yang diperlukan para pemuda yang ingin mengikuti program bekerja ke Jepang itu.

“Namun saat ini saya membantu dengan cara membuka Lembaga Pelatihan Kerja khusus untuk yang ke Jepang. Di situ kami rekrut dan siapkan mesnya, pelajarannya juga disiapkan, tentu biayanya juga sudah saya siapkan semua,” tuturnya.

Diungkapkan juga olehnya bahwa saat ini sudah ada 25 orang yang sudah berangkat ke Jepang dan sudah berjalan satu tahun. Mereka telah melalui training dan tinggal di asrama selama tiga bulan. Selama di asrama pun mereka dilatih untuk mandiri dan disiplin agar ketika sudah bekerja di luar negeri sudah terbiasa untuk menanamkan kedisiplinan.

“Sebelum berangkat ke Jepang atau keluar negeri ini, kami training bahasa Jepang itu minimal 3 bulan dan itu tidak bisa pulang ke rumahnya, harus tinggal di asrama,” kata Berman.

“Mereka sudah kami latih seperti ABRI, jam 4-5 pagi sudah bangun, jam 7 sudah belajar bahasa Jepang dan budaya Jepang hingga selesai jam 5 sore. Lalu jam 5 sore hingga 7 malam, mereka istirahat. Setelah itu, jam 8 sudah harus mengerjakan tugasnya,” tutur dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)