Jalan Tol Langsung ke Pelabuhan Disiapkan

Selasa, 22 Mei 2018 - 12:54 WIB
Jalan Tol Langsung ke Pelabuhan Disiapkan
Jalan Tol Langsung ke Pelabuhan Disiapkan
A A A
SERANG - Astra Infra Toll Road Tangerang Merak melalui PT Marga Mandalasakti juga tengah mengkaji pembangunan jalan tol dari pintu gerbang tol Merak sampai dengan Pelabuhan Merak sepanjang 5 kilometer.

Pembangunan akses jalan tol langsung ke Pelabuhan Merak bertujuan memperlancar konektivitas ke pelabuhan penghubung. Astra Infra Toll Road Tangerang Merak diperintahkan untuk membuat kajian pembangunan jalan tol dari gerbang tol Merak hingga Pelabuhan Merak. Rencana pembangunan akses tol ke Pelabuhan Merak masih dipelajari karena ada keterikatan dengan kereta api sehingga akan terkoneksi dengan baik.

Pengelola jalan tol juga akan merancang feasibility study . Dalam kesempatan yang sama, Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto mengatakan bahwa akses jalan tol tersebut dibuat guna menunjang Wilayah Pengembangan Strategis (WPS) Pertumbuhan Terpadu Merak-Bakauheni-Bandar Lampung- Palembang-Tanjung Api-Api (MBBPT).

“Akses ini merupakan upaya pemerintah untuk membuka koneksi baik ke pelabuhan maupun kereta. Untuk sementara ini kami baru diminta untuk studi, belum pelaksanaan,” ucap Sunarto, belum lama ini.

Terkait dengan besaran biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan akses ini, perusahaan tengah menghitungnya. Menurut Sunarto, biaya yang diperlukan akan cukup besar karena sebagian besar akan dibangun secara melayang.

“Masih diteliti memungkinkan jalur lama apa enggak? Kami nanti modifikasi ada bagian yang layang atau di bawah atau di sampingnya. Nanti rencananya dermaga Merak akan jadi 10. Tadinya lima dermaga. Lalu, ada perubahan tempat parkir dan posisi kereta api,” tutur Sunarto.

Kajian tersebut nantinya akan diberikan kepada pemerintah. Pemerintahlah yang memutuskan apakah jalan tol akses Pelabuhan Merak tersebut jadi dibangun atau tidak. (Teguh Mahardika)

(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7233 seconds (0.1#10.140)