Pelemahan Rupiah Diprediksi Kembali Terjadi

Jum'at, 22 Juni 2018 - 09:10 WIB
Pelemahan Rupiah Diprediksi Kembali Terjadi
Pelemahan Rupiah Diprediksi Kembali Terjadi
A A A
JAKARTA - Rupiah kembali berpeluang melemah terhadap dolar Amerika Serikat, karena pelaku pasar lebih memilih untuk memegang sejumlah mata uang safe haven.

Sementara itu, meski dari dalam negeri tidak terlalu banyak berita negatif terkecuali rencana Bank Indonesia yang berencana kembali menaikan tingkat suku bunga acuannya.

"Namun ini tampaknya belum sepenuhnya terefleksi pada pergerakan rupiah," ujarnya di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengestimasikan, rupiah hari ini akan bergerak dengan kisaran di level support Rp14.123 per USD dan resisten Rp13.996 per USD.

Sementara, pergerakan USD yang melemah terimbas terapresiasinya EUR tampaknya kurang direspon positif oleh rupiah yang cenderung melemah.

Pergerakan USD melemah setelah indeks aktivitas bisnis diperkirakan akan melemah. Sementara, adanya rencana ECB untuk memperbaiki iklim moneter di kawasan Uni Eropa berhasil membuat EUR menguat.

"Dari dalam negeri, tampaknya pelaku pasar masih terlihat panik dengan adanya sentimen perang dagang antara China dan AS serta rencana kenaikan suku bunga acuan BI, sehingga untuk sementara menjauhi rupiah," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4594 seconds (0.1#10.140)