alexametrics

Indonesia Bahas Transportasi dengan Jepang

loading...
Indonesia Bahas Transportasi dengan Jepang
Ilustrasi kerja sama Indonesia dengan Jepang. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Indonesia bahas isu transportasi dalam pertemuan ke-16 ASEAN-Japan Senior Transport Official Meeting (STOM) Leaders Conference yang dilaksanakan di Ishe Shima, Mie Perfecture, Jepang pada 26-28 Juni 2018. Dalam pertemuan ini, Seketaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono membahas perkembangan kerja sama ASEAN-Japan Transport Partnership (AJTP) dalam rencana kerja tahun 2017-2018.

"Dalam kesempatan ini saya mewakili Indonesia dalam pertemuan ke-16 ASEAN-Japan STOM Leaders Conference. Kami membahas perkembangan kerjasama AJTP yang dikerjakan dalam tahun 2017-2018," ujar Djoko dalam siaran pers yang diterima SINDOnews di Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Selain membahas tentang perkembangan kerja sama AJTP, juga dibahas beberapa hal lain seperti inisiatif kerja sama baru yang rencananya akan disahkan pada Pertemuan ke-16 Menteri Transportasi ASEAN-Jepang, November 2018 di Bangkok, Thailand. Indonesia akan mengambil peran dalam penawaran inisiatif baru, antara lain dalam kerja sama New ASEAN-Japan Aviation Security Project, Road Traffic Safety dan Applying Mobile Data for Transport Planning.



"Kami akan mengambil peran dalam penawaran inisiatif baru, masih dalam satu konteks kerja sama AJTP, namun akan bekerja sama dalam beberapa hal lain seperti Aviation Security Project, Road Traffic Safety dan Applying Mobile Data for Transport Planning," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Djono juga berkesempatan menyampaikan keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam penurunan angka kecelakaan sektor transportasi darat dalam masa angkutan Lebaran 2018 dan juga menyampaikan bahwa Indonesia saat ini tengah mengembangkan pola investasi, khususnya sektor transportasi dalam kerangka Public Private Partnership (PPP).

"Saya menyampaikan keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam penurunan angka kecelakaan dalam masa angkutan Lebaran 2018 kemarin, khususnya dari sektor transportasi darat. Saya juga menyambut baik dan mengapresiasi paparan dari Kansai Airport terkait PPP, karena saat ini kami sedang mengembangkan pola investasi dalam kerangka PPP khususnya di sektor transportasi," ungkap Sesjen Djoko.

Sebagai tambahan, pertemuan ASEAN-Japan STOM Leaders Conference merupakan pertemuan pejabat transportasi setingkat eselon I atau Sekretaris Jenderal Negara-negara ASEAN dengan Jepang yang secara regular diselenggarakan setiap tahun di Jepang dan dihadiri negara anggota ASEAN, Pemerintah Jepang dan ASEAN Secretariat.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak