Bahan Baku Cokelat Makin Mahal, Harga Kakao Global Sentuh Rekor Tertinggi

Jum'at, 09 Februari 2024 - 14:26 WIB
loading...
Bahan Baku Cokelat Makin Mahal, Harga Kakao Global Sentuh Rekor Tertinggi
Harga kakao global telah mencapai rekor tertinggi akibat cuaca ekstrem yang merusak tanaman di Afrika Barat. Harga kakao di pasar komoditas New York mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Harga kakao global telah mencapai rekor tertinggi akibat cuaca ekstrem yang merusak tanaman di Afrika Barat. Harga kakao di pasar komoditas New York mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa di posisi USD5.874 per ton pada hari Kamis, waktu setempat.

Biaya bahan utama untuk membuat cokelat kini telah meningkat sekitar dua kali lipat sejak awal tahun lalu.Melonjaknya harga kakao pada akhirnya bakal sampai ke konsumen dan menekan produsen cokelat.

Salah satu produsen cokelat terbesar di dunia, Hershey memperingatkan: "Harga kakao bersejarah diperkirakan akan membatasi pertumbuhan pendapatan tahun ini."



Kepala eksekutif perusahaan, Michele Buck juga tidak mengesampingkan bakal menaikkan harga ke pelanggan. "Kami tidak dapat berbicara tentang harga di masa depan," ungkapnya.

Namun seperti dilansir BBC, Ia menambahkan, "mengingat di mana harga kakao saat ini, kami akan menggunakan semua yang kami miliki, termasuk harga, sebagai cara untuk mengelola bisnis."

Pernyataa ini muncul ketika Hershey melaporkan kinerja keuangan pada periode tiga bulan terakhir 2023 hingga 31 Desember. Dalam laporan tersbut, terlihat penjualan Hershey turun 6,6% karena konsumen yang dilanda inflasi mengurangi pengeluaran.

Sementara itu pada bulan lalu, Mondelez, perusahaan di balik brand Cadbury, mengidentifikasi kenaikan biaya bahan sebagai salah satu tantangan yang dihadapinya di tahun depan.

Chief Financial Officer, Luca Zaramella mengatakan perusahaan telah melihat "peningkatan signifikan untuk harga kakao dan gula".

Pada bulan Desember, kelompok konsumen Inggris Which, menemukan kenaikan harga cokelat setidaknya 50% dalam satu tahun terakhir.

Sedangkan inflasi keseluruhan untuk makanan dan minuman di Inggris mereda pada bulan November menjadi 8,3%, kenaikan harga cokelat secara signifikan lebih tinggi 15,3%.

Lonjakan harga kakao diakibatkan salah satunya oleh kegagalan panen di Afrika Barat, yang menghasilkan sebagian besar pasokan global. Fenomena El Nino telah menyebabkan cuaca lebih kering di Ghana dan Pantai Gading, yang merupakan dua produsen biji kakao terbesar di dunia.

Suhu yang lebih panas dan pergeseran pola curah hujan yang disebabkan oleh perubahan iklim juga dapat berdampak pada hasil panen.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)