Moduit dan BCA Digital Lengkapi Layanan Fitur Autodebit di bluInvest

Minggu, 18 Februari 2024 - 21:06 WIB
loading...
Moduit dan BCA Digital Lengkapi Layanan Fitur Autodebit di bluInvest
Moduit dan blu by BCA Digital melengkapi layanan dengan fitur autodebit di bluInvest. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Moduit dan blu by BCA Digital melengkapi layanan dengan fitur autodebit melalui strategi Dollar Cost Averaging (DCA). Dengan dana minimal, investor sudah bisa memulai investasi secara disiplin.

"Strategi DCA membuat investor lebih disiplin dalam berinvestasi, selain itu juga dapat mengurangi risiko pasar terutama untuk instrumen investasi yang memiliki volatilitas tinggi seperti Reksa Dana Saham," kata Head of Research dari Moduit, Manuel Adhy Purwanto, Minggu (18/2/2024).



Dia mengatakan untuk mulai berinvestasi di pasar modal, investor tidak harus punya dana yang langsung bernilai besar. Investasi juga bisa dilakukan dengan nilai sesuai kemampuan investor namun dilakukan secara rutin.

Lebih lanjut, DCA diartikan sebagai strategi menyisihkan penghasilan secara rutin dengan nominal yang sama secara berkala untuk diinvestasikan, misalkan setiap bulan, tanpa memperhatikan harga NAB (Nilai Aktiva Bersih). Kunci dari metode investasi DCA adalah disiplin, apapun kondisinya, tetap berinvestasi dengan jumlah yang sama.

"Dengan melakukan DCA, investor akan mendapatkan harga rata-rata dari investasi yang dilakukan secara rutin tanpa memperdulikan naik turunnya harga," kata dia.

Menurut dia strategi ini terbukti baik untuk investasi jangka panjang dan mampu menghindarkan investor dari kecemasan dan kepanikan. Alhasil DCA membantu investor untuk berinvestasi secara berkala sehingga tetap fokus dengan tujuan investasi.



Mendukung strategi investasi DCA, fitur autodebit menjadi salah satu cara untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi rutin. Dengan mengaktifkan fitur autodebit, seorang nasabah bisa disiplin mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk investasi.

"Program ini merupakan pengembangan kerjasama Moduit dengan blu by Digital BCA yang telah dirintis perusahaan sejak awal tahun 2023 yang bernama bluInvest," kata dia.

Sebagai Langkah awal, saat ini produk investasi yang tersedia dalam layanan autodebit ini adalah reksadana dan akan dikembangkan ke produk lain yang terdapat di dalam aplikasi Moduit. Produk reksa dana di Moduit dapat dibeli dengan dana mulai Rp 10.000, tergantung dari pilihan produk yang dipilih oleh investor.

"Sebelum memutuskan pilihan, investor harus mengetahui profil resiko dan tujuan investasinya, sehingga reksa dana yang dipilih dapat memberikan hasil yang optimal," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)