Tetangga RI Ini Diramal Akan Alami Lonjakan Kekayaan pada Dekade Mendatang

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:45 WIB
loading...
A A A
Penanaman modal asing (FDI) ke Vietnam tercatat naik 32% dari tahun sebelumnya pada tahun 2023. Investasi asing tersebut menghasilkan lapangan kerja dengan upah yang layak dan memungkinkan jutaan orang Vietnam meningkatkan kualitas hidupnya."Kisah pertumbuhan Vietnam didorong oleh industrialisasi yang didorong oleh ekspor, didorong oleh tiga gelombang investasi asing langsung selama tiga dekade terakhir, dan negara ini berada di ambang gelombang keempat," kata Ekonom dan Asisten Wakil Presiden Maybank Brian Lee.

Terkait perkembangan tersebut, ada sejumlah kendala yang mungkin dapat menghambat percepatan pertumbuhan Vietnam. Salah satunya, tenaga kerja di negara ini akan memerlukan lebih banyak pelatihan untuk memenuhi tuntutan kegiatan produksi yang padat keterampilan dan kompleks.

Kemudian, sambung Ho, resesi global yang berkepanjangan juga dapat berdampak pada permintaan konsumen di pasar negara maju, yang pada gilirannya mempengaruhi sektor manufaktur dan ekspor Vietnam. Selanjutnya, devaluasi tajam terhadap mata uang juga dapat menjadi penghambat.

Kendati demikian, Ho meyakini Vietnam akan mampu mengatasi tantangan-tantangan tersebut. "Dibutuhkan banyak hal untuk menggagalkan negara ini dari jalur pertumbuhannya saat ini," tandasnya.
(fjo)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)