Mendorong Dunia Usaha dan Perbankan Cepat Bangkit Sama Saja ke Jurang Risiko

Kamis, 13 Agustus 2020 - 20:51 WIB
loading...
Mendorong Dunia Usaha dan Perbankan Cepat Bangkit Sama Saja ke Jurang Risiko
Pemerintah diminta jangan terlalu buru-buru mendorong perbankan dan dunia usaha untuk melakukan recovery dari krisis. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah diminta jangan terlalu buru-buru mendorong perbankan dan dunia usaha untuk melakukan recovery dari krisis . Di tengah pandemi covid-19, kondisi mempertahankan lebih baik dibandingkan harus terburu-buru bangkit dari krisis.

(Baca Juga: Luhut Akui Ada Kemungkinan Indonesia Resesi, Pemerintah Kerja Keras )

Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan mendorong dunia usaha untuk cepat bangkit dari keterpurukan sama saja mendorong ke dalam jurang risiko. "Mendorong dunia usaha itu masuk ke risiko. Saat ini kita harus memperkuat daya tahan sebab dengan bertahan menjadi jaminan untuk dapat berkembang dimasa depan," ujar Piter saat webinar di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Menurut Piter, dalam kondisi sekarang pemerintah tidak perlu memaksa perbankan untuk bisa memulihkan pertumbuhan ekonomi. "Karena kondisi saat ini kita sudah tahu. Mendorong kredit itu bisa meningkatkan risiko. Seharusnya kita tidak memaksakan bank untuk beperan dalam katalisator. Harusnya yang kita coba tingkatkan daya tahannya," beber Piter.

(Baca Juga: Kenangan Sri Mulyani dan Jokowi Pernah Bertemu 22 Tahun Lalu )

Justru yang perlu disiapkan itu menjaga sektor riil dan stabilitas sistem keuangan. Sebab menurutnya kalau bisa menjaga sektor riil agar tidak colaps maka kita bisa menyelamatkan sektor keuangan. "Jadi yang perlu dilakukan sekarang adalah menjaga dunia usaha," katanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)