alexametrics

Kuartal II/2018, Kenaikan Harga Properti Residensial Melambat

loading...
Kuartal II/2018, Kenaikan Harga Properti Residensial Melambat
Survei BI menunjukkan harga properti residensial pada kuartal II/2018 tumbuh melambat. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) pada kuartal II/2018 mengindikasikan perlambatan kenaikan harga properti residensial di pasar primer.

Direktur Departemen Statistik BI Gantiah Wuryandani mengatakan, hal ini tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) pada kuartal II/2018 yang tumbuh 0,76% atau melambat dibanding dengan 1,42% pada kuartal sebelumnya.

"Perlambatan kenaikan rumah pada terjadi pada semua tipe rumah. Sedangkan pada kuartal III/2018 diperkirakan terjadi pada rumah tipe kecil dan tipe menengah," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Sementara, pada kuartal II/2018, kenaikan harga tertinggi secara triwulanan terjadi diMedan yakni 2,94% (quartal to quartal/qtq) dan Batam 1,53% qtq.

Adapun pada kuartal III/2018, kenaikan harga secara diperkirakan terjadi pada sebagian besar wilayah dengan yang tertinggi di Bandar Lampung sebesar 3,10%. Terjadinya kenaikan harga tersebut terutama disebabkan oleh kenaikan harga bahan bangunan dan kenaikan upah pekerja bangunan.

"Ke depan, perlambatan kenaikan harga rumah diperkirakan berlanjut pada kuartal III/2018 sebesar 0,55% qtq," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak