Catat, Ini Daftar Lengkap Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 18:32 WIB
loading...
Catat, Ini Daftar Lengkap Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024
Bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) akan kembali disalurkan pemerintah pada Maret nanti. FOTO/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) akan segera disalurkan pemerintah pada bulan Maret nanti. Keduanya akan diberikan kepada masyarakat penerima dalam bentuk uang maupun barang.

Mengutip Indonesia.go.id, pemberian bansos bagi masyarakat kurang mampu ditujukan sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu, bantuan tersebut juga diharapkan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas hidupnya.



Mengacu pada janji pemerintah sebelumnya, akan disalurkan sejumlah bansos untuk tahun 2024 yang terbagi atas beberapa tahap bagi keluarga penerima manfaat (KPM). Berikut di antaranya yang bisa diketahui.

Daftar Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024

1. Bantuan pangan non tunai (BPNT)

Pertama, ada BPNT atau Bantuan pangan non tunai. Adapun peruntukannya ditargetkan bagi KPM berdasarkan DTKS Kemensos.

BNPT diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200 ribu per bulan yang ditukarkan dengan bahan makanan sesuai ketentuan di e-warong terdekat. Harapan bantuan ini adalah menjadikan masyarakat penerima memperoleh bahan pangan yang bergizi.

2. Program keluarga harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) ditujukan bagi KPM yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Adapun pembagiannya dilakukan secara bertahap selama satu tahun.

Pada program ini, penerima akan mendapat uang tunai sesuai kategorinya, yakni seperti ibu hamil, balita, lansia, penyandang disabilitas hingga anak sekolah. Berikut rincian PKH berdasarkan kelompok penerimanya:

-Ibu hamil/nifas mendapat Rp 750.000 per tahap, total Rp3 juta per tahun.
-Anak usia dini/balita menerima Rp 750.000 per tahap, dengan total Rp 3 juta per tahun.
-Lansia dan penyandang disabilitas mendapatkan Rp 600.000 per tahap, dengan total Rp 2,4 juta setahun
-Anak sekolah (SD, SMP, dan SMA) mendapat bantuan dengan nominal bervariasi, mulai dari Rp 225.000 hingga Rp 500.000 per tahap, tergantung pada jenjang pendidikan.


3. Bantuan Beras

Berikutnya ada bantuan pangan beras. Penerima bantuan ini berhak mendapatkan beras sebanyak 10 kg untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan.

Melihat ke belakang, bantuan pangan beras menjadi upaya pemerintah untuk menyalurkan barang tersebut dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Adapun penyelenggaraan bantuan ini dilakukan sebagai implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah.

4. BLT Mitigasi Risiko Pangan

BLT Mitigasi Risiko Pangan disalurkan pemerintah sebagai kelanjutan dari program BLT El Nino sebelumnya. Bantuan ini berupa uang tunai dan akan segera dibagikan pada Maret 2024 menjelang bulan Ramadan.

Jumlah bantuan BLT Mitigasi Risiko Pangan yang nantinya diterima setiap keluarga adalah Rp200.000 per bulan. Jika dirapel selama tiga bulan, maka totalnya bisa mencapai Rp600.000.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)