Wuling Berhasil Mengubah Pasar Indonesia dalam 1.000 Hari

Kamis, 30 April 2020 - 23:12 WIB
loading...
A A A
Lantas apa yang membuat Wuling mampu bertahan dan menggebrak pasar otomotif nasional? Menurut Kukuh, dengan pembangunan pabrik canggih di Cikarang tersebut, membuktikan keseriusan Wuling untuk memasuki pasar Indonesia.

"Mereka (Wuling) tidak memanfaatkan kebijakan tarif mobil murah dari pemerintah Indonesia namun bisa menghasilkan produk dengan teknologi canggih dan terjangkau oleh masyarakat. Itu merupakan nilai lebih yang mereka (Wuling) miliki," paparnya. Dengan harga yang terjangkau, masyarakat Indonesia semakin mudah untuk memiliki mobil.

Ditambah lagi, produk-produk Wuling yang diproduksi di Indonesia juga diekspor ke mancanegara sehingga masyarakat semakin yakin dengan kualitas produknya.

Tak hanya itu, dengan jaringan sales, service, dan spare part yang terus ditambah, Wuling kini semakin dekat dengan masyarakat Indonesia. "Ketersediaan suku cadang dan jaringan dealer serta service yang semakin banyak membuat mereka (Wuling) kini semakin mudah diakses masyarakat," papar Kukuh.

Wuling kini merangsek pasar dengan produk Multi Purpose Vehicle (MPV) tetapi juga Sport Utility Vehicle (SUV). Pasar MPV memang yang paling menggiurkan di Indonesia. Lebih dari separuh penjualan mobil nasional setiap tahun berasal dari segmen ini. Pabrikan Jepang masih mendominasi segmen ini.

Melihat peluang yang cukup besar, Wuling pun memutuskan untuk bermain di segmen ini. Hasilnya, pasar MPV semakin dinamis dan produk MPV Wuling seperti Confero dan Confero S mampu bersaing dengan MPV lansiran pabrikan Jepang. Wuling pun masuk 10 merek mobil terlaris di pasar nasional.

Pengamat otomotif Fransiscus Soerjopranoto menilai, pasar mobil nasional semakin dinamis tahun depan. Meskipun tahun ini industri otomotif nasional terhantam dampak pandemi Covid-19. Dipastikan, tahun depan banyak model-model baru yang akan dirilis ke pasar.

"Pabrikan otomotif tentu sudah memiliki planning untuk meluncurkan model-model terbaru. Pasar akan semakin dinamis," tegasnya. Wuling sendiri memastikan bakal menghadirkan produk-produk terbaru untuk pasar Indonesia.

Produk Canggih Didukung Jaringan Purna Jual Standar Global
Novian Firmansyah (42) genap setahun menggunakan produk Wuling. Pria asal Bekasi ini memboyong Convero S ACT di pameran Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 lalu.

Novi, begitu dia dipanggil, tertarik dengan Confero karena harganya murah tapi memiliki teknologi yang canggih. Mobil berkelir merah itu dia gunakan untuk kegiatan sehari-hari mulai mengantar anaknya sekolah hingga bekerja di Jakarta. "Sejauh ini tidak pernah ada masalah, tetap nyaman dan irit," ungkapnya kepada SINDOnews.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)