Sempat Singgung 4 Nama Calon Menkeu, Erick Thohir: Saya Gak Pernah Ngusulin

Selasa, 05 Maret 2024 - 13:25 WIB
loading...
Sempat Singgung 4 Nama Calon Menkeu, Erick Thohir: Saya Gak Pernah Ngusulin
Beredar empat nama yang disebut-sebut masuk bursa calon Menteri Keuangan (Menkeu) selanjutnya, Menteri Erick Thohir membantah bahwa dirinya mengusulkan nama-nama tersebut kepada Prabowo-Gibran. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Empat nama disebut-sebut masuk bursa calon Menteri Keuangan (Menkeu) selanjutnya dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kabar ini kembali ramai setelah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan empat nama yang dinilai merupakan figur bagus untuk memimpin Kementerian Keuangan.



Dari empat nama yang singgung Erick, tiga di antaranya adalah Kartika Wirjoatmodjo atau Tiko yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin yang saat ini mengisi posisi Menteri Kesehatan (Menkes), lalu Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) Royke Tumilaar.

Kendati sempat menyebut nama-nama tersebut, Erick Thohir membantah bahwa dirinya mengusulkan kepada Prabowo-Gibran agar keempat figur tersebut masuk dalam bursa calon Menkeu. Menurutnya, penyebutan empat nama hanyalah penilaian pribadinya saja.



Erick menegaskan wewenang menentukan Menteri adalah Presiden dan Wakil Presiden. Sehingga, bukan kapasitasnya yang menunjuk sosok lain untuk menjadi pembantu Presiden dan Wakil Presiden.

“Sama juga ketika bicara Menkeu,saya bilang saya gak pernah ngomong, saya gak pernah ngusulin, saya cuma di doorstop media waktu itu, apa pendapatnya. Saya jelas tidak punya otoritas menilai siapa Menkeu ke depan,” ujar Erick saat ditemui wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (5/3/2024).

“Saya gak menjadi bagian itu, itu bagian Presiden dan Wakil Presiden terpilih, bukan saya, saya gak tahu itu,” paparnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)