Kreativitas Bupati Jayapura Mathius Awoitauw Berbuah KDI Award

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 15:49 WIB
Kreativitas Bupati Jayapura Mathius Awoitauw Berbuah KDI Award
Kreativitas Bupati Jayapura Mathius Awoitauw Berbuah KDI Award
A A A
MAKASSAR - Bupati Jayapura, Papua, Mathius Awoitauw, SE, M.Si menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) Award Koran Sindo 2018 kategori Ekonomi dan Investasi. Penyerahan penghargaan digelar di Anjungan City of Makassar, Pelataran Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (30/8/2018).

Pemerintah Kabupaten Jayapura menerapkan strategi integratif dalam pembangunan ekonomi masyarakat, dengan menggandeng pihak swasta, memanfaatkan dana hibah dan corporate social responsibility (CSR) dikolaborasikan dengan Dana APBD dimanfaatkan secara efektif untuk pengembangan potensi wisata.

Bupati Jayapura menggandeng berbagai pihak, baik itu swasta, masyarakat adat dan stakeholder lainnya untuk mengembangkan potensi wisata. Ini sangat strategis karena kabupaten Jayapura sebagai pintu gerbang keluar masuk Papua.

Bila dikelola secara baik dan melibatkan semua unsur, mulai dari kalangan profesional, dunia usaha lokal, masyarakat adat, dan pemerintah daerah, maka akan menjadi suatu kekuatan besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Apalagi bila dikolaborasikan dengan pengembangan tiga kawasan wisata penting di Papua, yakni Jayapura, Wamena, dan Asmat, Kabupaten Jayapura bisa memanfaatkan tiga Kawasan wisata penting di Papua tersebut menjadi suatu kekuatan ekonomi wisata bagi masyarakat Kabupaten Jayapura.

Dengan menggandeng para profesional, dunia usaha, masyarakat adat dan pemerintah daerah, diharapkan strategi ini bisa mengangkat dunia wisata Kabupaten Jayapura, yang didukung penuh oleh masyarakat adat yang saat ini sedang bangkit jati dirinya untuk berperan aktif dalam pembangunan.

Dengan demikian diharapkan kesejahteraan masyarakat adat khususnya dan Kabupaten Jayapura pada umumnya akan turut meningkat. Kebijakan Bupati Jayapura yang menempatkan distrik sebagai pusat pelayanan, pusat data, pusat pelatihan dan pusat pemberdayaan dianggap sangat tepat dalam mendukung upaya-upaya di atas.

Karena dengan kebijakan ini diharapkan akan mampu menggerakkan seluruh elemen yang ada di kampung dan distrik, yang pada gilirannya akan menggerakkan seluruh elemen di Kabupaten Jayapura untuk mendongkrak perekonomian masyarakat karena menyentuh langsung ke akar rumput.

Ajang KDI Award 2018 memberikan penghargaan kepada 35 kepala daerah, mulai dari gubernur, wali kota, dan bupati. Dengan rincian 19 bupati dan 12 walikota menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif, sementara itu 4 mantan kepala daerah yang sudah mengabdi sebanyak 2 periode kepemimpinannya mendapat penganugerahan Life Time Achievement, dan 3 orang mendapat penghargaan Special Achievement.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5138 seconds (0.1#10.140)