Tips MotionTrade: Ketahui 5 Hal Penting dalam Prospektus Reksa Dana

Selasa, 05 Maret 2024 - 05:45 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Ketahui 5 Hal Penting dalam Prospektus Reksa Dana
MotionTrade telah merangkum 5 hal penting yang perlu investor pemula ketahui mengenai prospektus reksa dana. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Berinvestasi pada instrumen reksa dana kerap dijadikan sebagai pilihan karena memiliki beragam keunggulan yang dimiliki. Selain itu, investor pemula juga bisa melakukannya karena reksa dana memiliki cara kerja yang mudah dan praktis. Dalam memilih produk reksa dana yang tepat, salah satu hal penting yang perlu Anda ketahui adalah membaca prospektus reksa dana. Prospektus reksa dana merupakan informasi lengkap terkait suatu produk reksa dana. Garis besar kualitas dari suatu produk reksa dana bisa terlihat melalui prospektus.

MotionTrade telah merangkum 5 (lima) hal penting yang perlu investor pemula ketahui mengenai prospektus reksa dana sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih produk reksa dana yang sesuai, yaitu:

1. Izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Hal utama yang perlu Anda ketahui adalah izin dari pihak yang berwenang. Anda dapat mengetahui produk reksa dana tersebut sudah mempunyai izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum dengan melihat prospektus. Selain izin untuk produk reksa dana, Anda juga harus memastikan Manajer Investasi (MI) dan Bank Kustodian pada reksa dana tersebut berizin dan diawasi oleh OJK. Anda perlu mengecek informasi mengenai rekam jejak Manajer Investasi dan Bank Kustodian pada prospektus reksa dana.

2. Metode Perhitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB)
Metode yang digunakan dalam menghitung Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana sesuai dengan Peraturan BAPEPAM & LK No.IV.C.2. tentang Nilai Pasar Wajar Dari Efek Dalam Portofolio Reksa Dana. Nilai aktiva bersih menunjukkan harga bersih atau nilai pasar yang menggambarkan perkembangan modal investasi pasca dikurangi berbagai biaya. Nilai Pasar Wajar dari Efek dalam portofolio Reksa Dana wajib dihitung dan disampaikan oleh Manajer Investasi kepada Bank Kustodian paling lambat pukul 17.00 WIB setiap hari kerja bursa. Di dalam prospektus juga terdapat laporan keuangan yang berisi posisi keuangan, arus kas, laba, dan perubahan aset. Laporan keuangan dapat menjadi acuan untuk menilai apakah produk reksa dana mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun atau negatif

3. Jenis & Kebijakan Reksa Dana
Investor perlu memahami jenis reksa dana yang diinvestasikan. Apakah termasuk jenis reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana campuran, atau jenis lainnya. Pada prospektus reksa dana, akan dijelaskan jenis reksa dana yang dipilih dan juga arahan kebijakan investasi untuk menentukan komposisi portofolio. Sebagai contoh, berdasarkan peraturan OJK komposisi reksadana pendapatan tetap minimal 80% dana kelolaan alokasinya harus pada instrumen obligasi.

4. Biaya Reksa dana
Pada bagian prospektus ini, biasanya tercantum persyaratan dan ketentuan untuk pembelian dan penjualan reksa dana. Anda akan mendapatkan informasi mengenai informasi jumlah minimum pembelian, penjualan dan pengalihan unit penyertaan pada reksa dana.

5. Kinerja dan Faktor Risiko
Prospektus pada bagian ini mencantumkan informasi mengenai kinerja dan transparansi dalam investasi. Pada reksa dana terdapat beberapa kemungkinan risiko yang akan timbul. Misalnya, risiko penurunan harga atau Nilai Aktiva Bersih, risiko likuiditas, risiko perubahan kondisi politik dan ekonomi, pembubaran dan likuidasi. Investor perlu mengetahui sebab dan tindakan serta prosedur apa saja yang akan dilakukan Manajer Investasu apabila terjadi pembubaran reksa dana. Untuk mengetahui pilihan reksadana terbaik, salah satu teknik yang bisa kita gunakan adalah menggunakan benchmark sebagai perbandingan.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0811 seconds (0.1#10.140)