Kontribusi Pengusaha Bikin Rupiah Menguat, Perry Berterima Kasih

Jum'at, 07 September 2018 - 17:18 WIB
Kontribusi Pengusaha Bikin Rupiah Menguat, Perry Berterima Kasih
Kontribusi Pengusaha Bikin Rupiah Menguat, Perry Berterima Kasih
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha yang membantu menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Dalam dua terakhir ini, kontribusi pengusaha untuk menjual valuta asingnya memberi pengaruh terhadap penguatan nilai tukar rupiah.

"Kami juga apresiasi para pengusaha yang mempunyai devisa, valas juga yang menjual valasnya dan itu menambah suplai di pasar. Dua hari ini supply demand terus berlangsung dan itu juga bagian penting mengenai pergerakan nilai tukar stabil dan menguat," ujar Perry di Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Dia bersama pemerintah seperri Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan beberapa stakeholder lainnya terus melakukan langkah-langkah konkrit untuk menstabilkan rupiah. Salah satunya dengan menurunkan defisit transaksi berjalan yang saat ini mencapai hampir 3%.

"Saya garis bawahi konkrit karena memang sejumlah langkah dan telah akan terus dilakukan. B20 kan sudah diimplementasi, terus kemarin Menteri Keuangan (Sri Mulyani) telah mengumumkan mengenai PPh impor dan tentu saja beberapa langkah terkait dengan pariwisata sudah dilakukan," terangnya.

Upaya-upaya itu lantas mendorong optimisme dirinya terhadap defisit transaksi berjalan yang akan terus turun. Sehingga, stabilitas nilai tukar rupiah bisa terus terjaga secara berkesinambungan. "Saya meyakini defisit transaksi berjalan akan turun, tidak hanya tahun ini tetapi juga tahun depan akan turun secara signifikan dan karena itu akan mendukung stabilitas nilai tukar rupiah kedepannya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5210 seconds (0.1#10.140)