Trump Minta Apple Produksi di AS Jika Tak Ingin Kena Tarif

Minggu, 09 September 2018 - 14:30 WIB
Trump Minta Apple Produksi di AS Jika Tak Ingin Kena Tarif
Trump Minta Apple Produksi di AS Jika Tak Ingin Kena Tarif
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump menegaskan bahwa Apple Inc harus membuat produknya di Amerika Serikat (AS) jika ingin terhindar dari tarif yang diterapkan pada barang impor dari China.

Sebelumnya, perusahaan teknologi raksasa dunia itu mengatakan kepada pejabat perdagangan melalui surat bahwa tarif yang diusulkan pemerintah AS akan mempengaruhi harga untuk berbagai produk Apple. Seperti diketahui, Trump, yang berbicara di atas pesawat kepresidenan Air Force One mengatakan bahwa pemerintah akan menetapkan tarif tambahan untuk barang-barang impor China senilai USD267 miliar.

"Harga (produk) Apple bisa meningkat karena tarif tinggi yang akan kita kenakan atas China. Ttetapi ada solusi mudah (bagi Apple) di mana tidak akan ada pajak sama sekali, dan bahkan (memperoleh) insentif pajak. Caranya, bikin produk Anda di Amerika Serikat, bukan di China. Mulai bangun pabrik baru (di AS) sekarang," cuitnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (9/9/2018).

Apple menolak berkomentar atas pernyataan tersebut.

Sektor teknologi adalah salah satu yang paling merugi karena pengenaan tarif akan membuat komponen komputer yang diimpor menjadi lebih mahal. Karena itu, dalam suratnya Apple menyebutkan bahwa beban tarif yang diusulkan akan berpengaruh jauh lebih berat bagi AS daripada China.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5797 seconds (0.1#10.140)