Jokowi Bakal Berkantor di IKN Tanpa Wapres, Ini Alasannya

Rabu, 13 Maret 2024 - 13:39 WIB
loading...
Jokowi Bakal Berkantor di IKN Tanpa Wapres, Ini Alasannya
Presiden Jokowi akan berkantor di IKN tanpa Wapres. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara ( IKN ) akan selesai pada bulan Juli tahun ini.

Meski begitu, Basuki mengatakan bahwa untuk Istana Wakil Presiden baru akan dibangun. Hal tersebut disampaikan Basuki saat menanggapi persiapan Presiden Jokowi yang akan berpindah kantor dari Istana Jakarta ke IKN.

"Kalau Istana Wakil Presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun. Kalau kantor presiden, istana presiden insya Allah sudah siap pada bulan Juli itu," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/3/2024).


Basuki menjelaskan alasan Istana Wapres baru mulai pembangunan dikarenakan adanya perubahan desain. Presiden Jokowi, kata Basuki, meminta adanya revisi dari desain Istana Wapres oleh pemenang sayembara pertama.

"Desainnya berubah, waktu lelang pertama kita dengan desain yang juara sayembara pertama. Tapi setelah di cek pak presiden beliau melihat perlu direvisi sehingga kita revisi. Nah itu nanti kita nggak tahu lelang ulang atau nggak gitu loh, tapi baru akan dimulai," kata Basuki.

Basuki memperkirakan pembangunan Istana Wapres akan dilakukan sekitar bulan Juni hingga Juli tahun ini. Dirinya memperkirakan pembangunan Istana Wapres akan selesai dalam setahun. "Saya kira setahun," kata Basuki.



Sedangkan terkait kepindahan Presiden Jokowi untuk berkantor di IKN, Basuki menyebut dirinya belum mendapatkan arahan terbaru. Basuki hanya mengutip pernyataan Presiden Jokowi yang akan berkantor di IKN jika jalan tol dan airport sudah beroperasi.

Meski begitu, Basuki menegaskan yang terpenting adalah ketersediaan air selain beroperasinya jalan tol dan airport.

"Yang penting kan tidak hanya airport atau tol tapi juga air. Air kita rencanakan sudah bisa masuk bulan Juni, kedua tol bisa masuk bulan Juli. Kalau airnya Juni. Airport sekitar Juli. Sehingga itu arena kalo ada airport ada tol gaada air gabisa," kata Basuki.

"Jadi utama air, dan airport dan insyaAllah itu juli sudah siap makanya nanti 17 agustusan insyaAllah bisa dilakukan di sana dan beliau akan berkantor di sana," sambungnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)