Lawan Barat, China Desak Produsen Mobil Listrik Beli Chip Lokal

Minggu, 17 Maret 2024 - 19:41 WIB
loading...
Lawan Barat, China Desak Produsen Mobil Listrik Beli Chip Lokal
Pemerintah China secara diam-diam telah meminta para pembuat kendaraan listrik membeli chip lokal. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Pemerintah China secara diam-diam telah meminta para pembuat kendaraan listrik dari BYD hingga Geely Automobile Holdings untuk meningkatkan pembelian mereka secara tajam dari para pembuat chip mobil lokal sebagai bagian dari kampanye untuk mengurangi ketergantungan pada impor Barat dan meningkatkan industri semikonduktor dalam negeri.



Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China meminta para produsen mobil tahun ini untuk memperluas pembelian komponen buatan dalam negeri untuk mempercepat adopsi chip China

Pengawas teknologi negara itu sebelumnya menetapkan target informal bagi para pembuat mobil untuk membeli seperlima dari chip mereka secara lokal pada 2025 tetapi mereka merasa tidak puas dengan kecepatan kemajuannya.

"Pemerintah sekarang secara langsung menginstruksikan perusahaan-perusahaan untuk menghindari semikonduktor asing jika memungkinkan," kata orang-orang, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena membahas informasi sensitif dilansir dariThe Economic Times, Minggu (17/3/2024).



Hal itu berarti perusahaan chip luar negeri secara efektif harus memproduksi silikon mereka melalui pengecoran lokal seperti Semiconductor Manufacturing International Corp atau Hua Hong Semiconductor Ltd. Selama tender baru-baru ini yang dilakukan oleh merek domestik utama, satu penawar asing gagal mendapatkan kontrak.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)